Sebelum membeli ada baiknya ketahui dulu tentang kekurangan Daihatsu Rocky. Setelah diluncurkan beberapa waktu lalu, nama Daihatsu Rocky dan Toyota Raize langsung melejit. Banyak orang langsung melakukan pemesanan unit.

Padahal sebenarnya banyak dari pemesan ini yang belum mengetahui kekurangan Daihatsu Rocky. Untuk itu buat Anda yang belum memesan, sebaiknya pahami dulu tentang kekurangannya. Hal ini bertujuan agar kedepannya Anda bisa menjadi lebih paham dengan Daihatsu Rocky.

Kekurangan Daihatsu Rocky

Table of Content
Butuh Oli Mahal
Butuh Waktu Mematikan dan Menyalakan Mesin
Mesin Bergetar

Butuh Oli Mahal

Hal ini kurang dipahami oleh sebagian masyarakat Indonesia. Mengapa? Sebab Daihatsu Rocky yang resmi dijual di Tanah Air ini sudah menggunakan turbo pada mesinnya. Secara otomatis, oli mesin yang digunakan juga wajib yang memang dikhususkan untuk mesin berturbo.

mesin daihatsu rocky
mesin daihatsu rocky

Oli khusus mesin turbo biasanya punya harga yang lebih mahal dibanding oli mesin non turbo. Sebab oli mesin turbo harus bisa lebih tahan di suhu yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar memberikan pendinginan yang lebih baik pada sistem turbonya.

Baca Juga :

  1. Adu Harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky
  2. 7 Harga Mobil Sigra Bekas di Bawah 100 Juta, Lihat Tipenya
  3. Daihatsu Xenia Bekas di Jakarta
  4. Daihatsu Ayla Bekas di Jakarta
  5. Daihatsu Terios Bekas di Jakarta

Bagi konsumen baru yang belum paham tentang hal ini, salah mengisi oli mesin nantinya bisa berpotensi merusak mesin. Untuk itu sangat penting saat mengganti oli mesin harus memperhatikan spesifikasi apakah oli tersebut untuk mesin non turbo atau mesin turbo.

Butuh Waktu Mematikan dan Menyalakan Mesin

Terkadang orang Indonesia malas mematikan mesin dengan cara yang benar. Bahkan banyak dari pengguna mobil yang asal-asalan dalam mematikan mesin. Misalnya baru sampai di rumah, terkadang AC pun tidak dimatikan dan langsung mematikan mesin. Kebiasaan seperti ini diusahakan untuk tidak dilakukan, ya. Sebab bisa merusak mesin!

Mesin yang sudah memakai turbo sangat disarankan tidak bisa langsung dimatikan ketika berhenti. Usahakan pemilik mobil harus menunggu hingga 1-2 menit sesaat setelah mematikan AC. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi oli yang ada di dalam turbo.

daihatsu rocky eksterior samping

Jika memang malas, Anda bisa memasangkan peranti turbo timer pada mobil. Turbo timer bertujuan untuk mematikan mesin sesuai dengan waktu yang sudah diatur. Misalnya turbo timer di set dalam waktu 1 setengah menit. Nanti ketika kunci sudah dicabut, mesin akan tetap menyala hingga 1 setengah menit kemudian.

Tujuannya agar memberikan waktu kepada turbo agar olinya turun. Sehingga hal ini mengurangi potensi kerusakan mesin. Sayangnya hal ini jarang diketahui oleh para pengguna mobil baru, khususnya pembeli mobil dengan mesin turbo.

Mesin Bergetar

Kekurangan lain yang bisa diketahui adalah getaran mesin pada mesin Daihatsu Rocky. Rocky menggunakan mesin dengan konfigurasi 3 silinder. Mesin 3 silinder memang terkenal lebih kasar dan bergetar dibanding dengan mesin 4 silinder yang sudah ada.

Kombinasi hal tersebut bisa membuat pengemudi menjadi kurang nyaman. Jangan kaget jika Anda yang terbiasa memakai mobil 4 silinder lalu mengendarai mesin 3 silinder ternyata getarannya lebih besar. Sebab hal ini memang sudah kodratnya.

daihatsu rocky eksterior

Untuk perjalanan jauh, mesin 3 silinder ini juga kurang memuaskan. Tenaga di putaran atas biasanya kurang greget dan agak boyo. Sehingga sebagian orang menilai mesin 3 silinder kurang cocok untuk diajak pergi jauh.

Varian Lama Daihatsu RockyAnalisa Harga Cartalog
Daihatsu Rocky 2.8 1990Rp 56.101.128,-
Daihatsu Rocky 2.8 1991Rp 61.892.876,-
Daihatsu Rocky 2.8 1992Rp 67.651.896,-
Daihatsu Rocky 2.8 1993Rp 73.672.680,-
Daihatsu Rocky 2.8 f75 4×4 2006Rp 24.627.532,-
Daihatsu Rocky 2.8 f75 4×4 2014Rp 31.969.006,-
Analisa harga Cartalog untuk Daihatsu Rocky versi lawas di database cartalog.id, yang diakses pada 31 Mei 2021 pukul 11:32 – 11-45 wib

Nah, itu tadi merupakan kekurangan Daihatsu Rocky yang jarang diketahui oleh banyak orang. Ada baiknya Anda sebelum membeli sudah mengetahui beberapa poin kekurangan ini. Sehingga segala keluhan nantinya bisa lebih dipahami saat mobilnya sudah datang ke rumah.

Hubungi CS Cartalog Care untuk informasi simulasi kredit dan ketersediaan mobil.