Bicara nama Toyota Raize di tahun 2021 cukup menjadi perbincangan hangat. Sebab mobil yang mengisi segmen crossover di Indonesia ini ternyata mendapat sambutan yang sangat baik.

Banyak orang Indonesia ternyata penasaran dengan mobil berkapasitas 5 (lima) penumpang satu ini. Mungkin banyak yang bertanya, apa sih yang membuat orang penasaran dengan Toyota Raize? Pertanyaan tersebut sering terlontar oleh masyarakat awam.

Kami ingin mencoba memberikan sedikit alasan. Ternyata, ada beberapa fakta menarik dari Toyota Raize 2021 yang bisa kamu ketahui. Wah, kira-kira apa saja ya fakta menarik ini? Berikut ulasannya!

Fakta Menarik Toyota Raize 2021

Harga Menggoda

Fakta pertama yang bisa diketahui dari Toyota Raize adalah harga. Harga yang ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku produsen ternyata cukup menggugah selera. Harga yang dibanderol berkisar di angka Rp200 jutaan. Segmen yang disasar memang keluarga muda yang menginginkan mobil dengan tampilan stylish ala-ala SUV.

Masyarakat Indonesia belakangan memang memilih mobil bergenre SUV. Hal ini disebabkan karena kontur jalanan Indonesia yang memang sangat jelek. Bahkan jalanan di dalam kota Jakarta saja terbilang buruk, apalagi ketika memasuki ruas jalan tol berbayar.

Berapa harga Toyota Raize di tahun 2021? TAM menjual Raize dengan banderol termurah di Rp219 juta. Sedangkan harga termahalnya berada di Rp265,9 jutaan. Bagaimana, lumayan menggugah selera bukan? Apalagi mobil ini punya desain yang ciamik.

Tipe Toyota RaizeHarga
1.0 G M/T Single ToneRp219,9 juta
1.0 G M/T Two ToneRp222,2 juta
1.0 G CVT Single ToneRp233,1 juta
1.0 G CVT Two ToneRp235,4 juta
1.0 GR CVT Single ToneRp244,7 juta
1.0 GR CVT Two ToneRp247 juta
1.0 GR TSS Single ToneRp263,7 juta
1.0 GR CVT TSS Two ToneRp265,9 juta

Pilihan Warna Colorful

Setelah membahas 8 (delapan) varian harga, fakta menarik selanjutnya yang wajib diketahui adalah warna. Warna yang ada pada Toyota Raize juga tak kalah menggoda. Sebab warnanya cukup colorful dan mampu menjadi sosok yang akan menjadi pusat perhatian ketika melintas di jalanan.

Toyota menawarkan 12 pilihan warna yang bisa dipilih oleh konsumen. Seluruh warna ini bisa dibilang menjadi salah satu fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Mobil berdesain sporty dan agresif ini akan cukup menarik ketika menggunakan warna-warna yang cerah.

Ke-12 warna tersebut terdiri dari sebagai berikut

Pilihan WarnaSpesifikasi
toyota raize hitamBlack5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize gray metallicGray metallic5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize red blackRed black5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
toyota raize redRed5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize silver metallic blackSilver metallic black5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
Raize Silver metallicSilver metallic5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize Turquoise MM blackTurquoise MM black5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize Turquoise MMTurquoise MM5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize White blackWhite black5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize whiteWhite5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize yellow blackYellow black5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin
raize yellowYellow5 Kursi, 998 cc, 97 hp, Bensin

Saking banyaknya warna, Anda bisa berkesempatan memilih warna yang jarang disukai oleh mayoritas orang Indonesia. Salah satu warna favorit dari Toyota Raize ini adalah Turquoise MM black dan yellow black. Kedua warna ini jadi warna yang cukup difavoritkan baik di Jepang maupun di Indonesia. Sampai di sini, apakah kalian setuju dengan hal tersebut?

Punya Fitur Toyota Safety Sense

Banyak yang belum tahu jika Toyota Raize dibekali dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS). Fitur tersebut merupakan fitur mewah yang ada pada Toyota. Biasanya TSS ini disematkan di mobil yang punya harga lebih dari Rp300 jutaan. Sebut saja Toyota Corolla Altis, Camry maupun Alphard.

Ilustrasi Toyota Safety Sense (TSS) – sumber : autonetmagz.com

TSS sendiri terdiri dari beberapa fitur, mulai dari pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert, steering control, rear cross traffic alert, blind spot monitoring dan pedal miss operation control. Fitur inilah yang menjadi incaran mereka yang membeli Raize. Seharga Toyota Rush tetapi fiturnya setara Toyota Camry. Menarik kan?

Fitur yang disebutkan di atas ini menggunakan basis radar. Radar tersebut inilah yang nantinya akan membaca bagian depan mobil dan membaca kondisi jalan. Mulai dari marka jalan sampai jarak dengan mobil yang ada di depan. Fitur ini yang menjadi unggulan Raize. Tetapi tidak semua varian dibekali TSS. Hanya Raize tipe GR saja yang dibekali dengan fitur TSS.

Mesin Turbo

mengintip dapur pacu Toyota Raize – source : oto.detik.com

Fakta menarik lain dari Toyota Raize 2021 adalah dibekali dengan mesin turbo. Kapasitas mesinnya hanya 998 cc, 3 silinder, DOHC, VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mencapai 96 hp @6.000 rpm dengan torsi 140 Nm @2.400-4.000 rpm. Penggeraknya roda depan, dengan dua pilihan transmisi. Manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

SpesifikasiValue
Kapasitas mesin998 cc
Jumlah silinder3
TeknologiDOHC, VVT-i, turbocharge
Tenaga96 hp
Torsi140 Nm @2.400-4.000 rpm
TransmisiManual 5 percepatan dan otomatis CVT
Dimensi Kompak
Kapasitas Tempat Duduk5 Kursi
Panjang4030 mm
Ground Clearance200 mm
Lebar1710 mm
Tinggi1635 mm

Di era modern seperti ini mungkin banyak orang yang ingin membeli mobil dengan dimensi kompak. Raize jadi salah satu mobil yang memiliki kualifikasi tersebut. Dimensinya cukup kompak, bahkan tak terlalu besar untuk ukuran mobil commuter harian di Jakarta.

Panjangnya mencapai 4 meter, dengan lebar 1,7 meter dan tinggi 1,6 meter saja. Jarak wheelbasenya sendiri mencapai 2,5 meter. Di atas kertas jika melihat spesifikasi dimensinya memang sangat cocok untuk di kota yang macet seperti Jakarta ini. Sehingga memudahkan saat parkir di lokasi yang sempit sekalipun.

Tangkapan layar bagasi Toyota Raize
Tangkapan layar dashboard Toyota Raize

Apalagi perumahan di Jakarta saat ini ukurannya minimalis. Hal inilah yang dicari oleh banyak keluarga muda yang ingin membeli mobil pertama. Walaupun dimensinya kompak, tetapi ground clearancenya cukup oke, mencapai 200 mm dari tanah. Sehingga masih bisa lah dapat kesan ala-ala SUV perkotaan ya hehehe.

Penjualan Melonjak Tajam

Setelah mengetahui fakta di atas, rasanya cukup wajar jika penjualan Toyota Raize di tahun 2021 ini langsung melejit bak kacang goreng. Terhitung per 23 Mei 2021, catatan SPK nya mencapai angka ribuan unit. Tepatnya 3.000 unit sudah terjual oleh konsumen di Tanah Air. Namun, penjualan tersebut ada pada masa PPnBM 100%.

Berikut data pencarian di Google Search untuk topik Toyota Raize selama 90 hari terakhir (Google Trends, Indonesia).

Sumber : https://trends.google.co.id/trends/explore?date=today%203-m&geo=ID&q=%2Fg%2F11fpjwy8bx – data diakses pada 5 Juni 2021 pada pukul 11:16 wib

Target yang dipatok oleh TAM untuk Raize ada di 2.000 unit per bulan. Jika melihat catatan ini, jelas sambutan masyarakat Tanah Air cukup baik. Tak heran jika konsumen harus bersabar mendapatkan unitnya. Sebab inden Raize ini sendiri cukup lama.

Itu ketika PPnBM 100% masih berlaku. Bagaimana jika fase kedua PPnBM mulai diberlakukan? Pihak Toyota menilai Raize akan mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Kenaikannya berkisar Rp8 jutaan sampai Rp10 jutaan dari harga yang sudah ada sekarang. Jelas ini menjadi salah satu poin penting bagi pembeli nanti.

Sejak awal Juni 2021 hingga Agustus 2021, fase PPnBM 50% akan mulai diberlakukan. Setelah itu akan ada ubahan lagi pada harganya di fase PPnBM 25% atau fase ketiga. Jika sudah masuk fase ketiga, jelas banderolnya akan jauh lebih mahal dibanding yang sudah ada sekarang.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, mulai dari harga, pilihan warna, fitur, hingga pembahasan soal dapur pacu, apakah Anda juga tertarik dengan mobil baru Toyota Raize 2021 ini? Jika iya, maka Anda harus bersabar untuk bisa mendapatkan unitnya.