Pemerintah resmi memperpanjang masa relaksasi diskon pajak atas penjualan barang mewah atau PPnBM nol persen untuk pembelian mobil baru hingga Agustus 2021.

Sebelumnya, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 20/2021, diskon PPnBM 100 persen yang diberikan mulai 1 Maret 2021 untuk mobil penumpang berukuran 1.500 cc dengan kandungan lokal tertentu hanya berlaku hingga Mei 2021. Periode berikutnya, Juni hingga Agustus 2021 pembelian mobil akan diberikan diskon PPnBM sebesar 50 persen.

Baca Juga : Pajak Mobil Toyota Fortuner Ternyata Bisa Bikin Shock!

Kemudian diskon diberikan sebesar 25 persen untuk periode Oktober sampai Desember 2021. Dengan pertimbangan untuk membangkitkan kembali gairah usaha di Tanah Air, khususnya sektor industri, dan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, maka pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu diskon PPnBM sebesar 100 persen.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan dalam keterangan resminya pada Minggu (13/6), “Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM ditanggung pemerintah dapat diperpanjang. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi,” ujarnya.

Perpanjangan pemberian insentif PPnBM ditanggung pemerintah atau DTP ini diusulkan oleh Menperin dan disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hal itu berlangsung dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Jumat (11/6).

Daihatsu Rocky pun dapat diskon PPnBM 100%

Selain itu, dalam keterangan resmi tersebut juga disampaikan diskon PPnBM telah berdampak positif terhadap industri. Sejak diskon diberlakukan awal Maret terjadi kenaikan sebesar 28,85 persen. Bahkan di bulan April terjadi lonjakan 227 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Gabungan Industi Kendaraan Bermotor (Gaikindo) menyebutkan penjualan ritel Januari hingga April naik 5,9 persen atau sekira 257.953 unit. Secara bulanan, volume penjualan telah mendekati level normal yakni sekitar 80 ribu unit perbulan.

Kebijakan pemerintah tersebut tentunya mendapat sambutan positif dari masyarakat dan kalangan industri otomotif nasional. Dan diharapkan dengan diperpanjangnya strategi itu animo atau daya beli masyarakat kembali meningkat.

Sementara itu, dikarenakan keputusan perpanjangan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) nol persen baru disahkan pada bulan Juni, maka untuk konsumen yang sudah mendapatkan unit mobil baru dengan skema insentif PPnBM 50% pada Juni-Agustus 2021 sudah tidak bisa diubah.

Namun apabila konsumen yang sudah melakukan pemesanan dan seharusnya masuk dalam skema insentif PPnBM 50% tapi belum mendapatkan unitnya, bisa dipastikan transaksi sebelumnya akan dibatalkan dan akan diganti dengan skema insentif nol persen.

Berikut daftar 23 mobil yang mendapatkan jatah diskon PPnBM nol persen hingga Agustus 2021:

Daftar Mobil
Daihatsu Gran Max Minibus (semua varian)
Daihatsu Luxio (semua varian)
Daihatsu Rocky (semua varian)
Daihatsu Terios (semua varian)
Daihatsu Xenia (semua varian)
Honda Brio RS (semua varian)
Honda BR-V (semua varian)
Honda City Hatchback
Honda CR-V 1.5
Honda HR-V (semua varian)
Honda Mobilio (semua varian)
Mitsubishi Xpander (semua varian)
Mitsubishi Xpander Cross (semua varian)
Nissan Livina (semua varian)
Suzuki New Ertiga (semua varian)
Suzuki XL-7 (semua varian)
Toyota Avanza (semua varian)
Toyota Raize (semua varian)
Toyota Rush (semua varian)
Toyota Sienta (semua varian)
Toyota Vios (semua varian)
Toyota Yaris (semua varian)
Wuling Confero (semua varian)