>>> Baca juga: Mesin Mobil Bekas Berat, Cek Bagian-bagian Ini

Menurut Diko Octaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia menjelaskan bahwa hingga saat ini masih banyak pemilik kendaraan yang belum mengetahui fungsi dari komponen busi.

“Busi itu diibaratkan sebagai jantung bagi kendaraan, tapi masih banyak yang belum mengetahui secara detail cara memilih busi yang tepat bagi kendaraan pribadinya,” ungkapnya saat ditemui Cartalog di pabrik NGK Busi Indonesia dibilangan Ciracas, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Jika berangkat dari buku pedoman milik NGK Busi, pemilihan busi dengan ulir yang tidak tepat dapat berdampak vital bagi kendaraan. “Kalau tidak sesuai itu bisa berakibat mesin jadi tidak bisa beroperasi. Apalagi jika panjang ulir tidak sesuai, maka piston atau katup (valve) dapat berbenturan dengan komponen lainnya. Bisa mengakibatkan kerusakan pada ruang bakar,” paparnya.

Cara Memilih Busi Mobil yang Benar
Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih busi mobil ialah materialnya. (Foto: Shutterstock)

Efek lain yang bisa terdampak adalah penumpukan kerak karbon di sisa ulir busi. Hal ini bisa ditemui pada sisa ulir yang terdapat di busi yang ulirnya terlalu panjang, atau sisa ulir di blok mesin akibat ulir busi yang terlalu pendek. Kesimpulannya si pemilik kendaraan sebaiknya mengetahui betul ukuran busi yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan kesayangannya.

“Ini pengetahuan dasar yang sebetulnya harus diketahui pemilik kendaraan, karena dampak busi kalau tidak sesuai itu ya besar. Pengetahuan mengenai pemilihan busi yang tepat itu sebenarnya tidak hanya untuk membuat komponen pengapian di ruang bakar jadi lebih awet saja. Karena seawet-awetnya busi akhirnya harus diganti juga,” imbuh Diko.

Selain itu, Diko pun menambahkan ketika memutuskan untuk melakukan penggantian tipe busi seperti tipe laser (yang memiliki logam mulia ganda) sekalipun harus dilakukan penggantian, jika sudah waktunya. “Sebelum ganti pastikan juga tidak melenceng dari ukuran atau standar pabrikan,” tukasnya.

Well.. Buat teman-teman Cartalog yang ingin melakukan penggantian busi, pasti saat ini sudah ada gambaran bukan, mengenai cara memilih busi mobil yang benar. Karena selain ukuran angka panas yang harus sesuai, perlu diperhatikan juga panjang ulir dan tipe proyeksi elektroda yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

One reply on “Cara Memilih Busi Mobil yang Tepat Biar Mesin Awet”

Comments are closed.