Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala tarikan mesin mobil bekas berat. Penyebabnya memang bisa beragam, tak tak melulu berasal dari sektor mesin. Lalu, apa saja?

Setiap pemilik mobil pasti ingin kendaraannya enak buat diajak berkendara. Dalam hal ini, misalnya tarikan enteng, handling akurat, atau perpindahan gigi yang mulus. Namun,jika kita membeli mobil bekas, ada kalanya dihadapkan pada situasi yang tak sesuai harapan.

Hal yang sering dikeluhkan oleh pembeli mobil bekas ialah mesin mobil terasa kurang bertenaga. Dengan kata lain tarikan mesin mobil bekas berat. Untuk mengatasinya jangan terburu-buru untuk membedah bagian mesin.

Ada banyak hal yang bisa membuat mesin mobil terasa kurang bertenaga. Mulai dari sudah menumpuknya sisa karbon di ruang pembakaran, transmisi bermasalah, catalytic converter mampet dan sebagainya.

Namun sebelum melihat ke sana, tak ada salahnya untuk mengecek hal-hal yang lebih ringan terlebih dahulu.

1. Gunakan bahan bakar yang tepat

Untuk mengatasi mesin mobil yang terasa berat, salah satu cara mudah yang bisa dicoba ialah menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan.

Karena bisa jadi penyebab mesin terasa berat karena kurang sempurnanya pembakaran di dalam mesin. Hal ini biasa terjadi karena penggunaan bahan bakar dengan oktan tak sesuai spesifikasi.

>>> Baca juga: Cara Memilih Busi Mobil yang Tepat Biar Mesin Awet

2. Mengganti oli mesin sekaligus filternya

Upaya lainnya ialah memastikan oli mesin dalam kondisi baik. Dalam arti volumenya cukup dan kualitasnya baik.

Masalahnya, ketika baru membeli mobil bekas, bisa jadi kita tak tahu kapan terakhir kali pemilik sebelumnya mengganti oli. Jadi biar aman, langsung saja ganti oli mesin mobil sesuai spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan. Jangan lupa turut mengganti filternya.

Karena seperti diketahui, kualitas oli atau pelumas di dalam mesin sangat menentukan performa kendaraan. Fungsi oli itu sendiri berguna untuk melumasi, melindungi, dan mendinginkan komponen-komponen logam yang saling bergesekkan di dalam mesin.

Jika kualitas oli tak mendapat perhatian, maka jangan aneh bila performa mesin jadi merosot.

Mesin Mobil Bekas Berat
Untuk mengatasi mesin mobil yang terasa berat, salah satu cara mudah yang bisa dicoba ialah menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan. (Foto: Shutterstock)

3. Masalah dengan AC mobil

Ketika tarikan mesin mobil bekas terasa kurang bertenaga, coba matikan AC (Air Conditioning) terlebih dahulu. Karena jangan-jangan inilah yang jadi penyebabnya.

AC yang membuat tarikan mobil menjadi sedikit berat memang hal wajar. Namun, jika pengaruhnya terasa signifikan, bahkan hingga membuat mesin mobil mati, maka bisa dipastikan ada yang tak beres.

Penyakitnya bisa bermacam-macam. Mulai dari penggunaan kompresor terlalu besar di atas rekomendasi pabrikan hingga adanya kebocoran pada sirkulasi AC yang meliputi kompresor, evaporator, dan salurannya.

Bagi yang awam, sangat disarankan menggunakan jasa profesional untuk mengatasi masalah ini.

Itu dia beberapa hal yang bisa jadi pemicu berkurangnya performa mesin kendaraan. Terlebih pada mobil bekas karena usianya sudah tak muda lagi.

Pastikan Anda hanya membeli mobil bekas dengan harga yang sesuai kualitas. Kunjungi halaman Harga Cartalog untuk melihat analisa harga mobil bekas dari berbagai merek dan tipe mobil.

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.

3 replies on “Mesin Mobil Bekas Berat, Cek Bagian-bagian Ini”

Comments are closed.