Ada banyak jenis kendaraan yang dapat dipilih untuk menjadi pendamping mobilitas Anda. Namun, jangan-jangan pilihan yang beragam tersebut malah membingungkan. Maka dari itu, calon konsumen sebaiknya mengetahui cara beli mobil yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kantongnya.

Keliru menentukan pilihan mobil memang bukan malapetaka besar. Namun, dijamin ada sesuatu yang mengganjal selama Anda menggunakannya. Mungkin saja, ternyata mobil yang dipilih rupanya mahal ongkos perawatan. Atau belakang baru disadari mobil tersebut tak memiliki kapasitas ruang bagasi yang mumpuni.

Sebelum “terlanjur basah”, ini dia sejumlah langkah yang bisa Anda pertimbangkan ketika sedang menjalani proses membeli mobil baru.

>>> Baca juga: Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz: Fitur Hingga Mesin

1. Kebutuhan yang utama

Langkah pertama yang perlu diambil ketika hendak memilih mobil ialah menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa mempertanyakan hal-hal seperti seperti di bawah ini: daya angkut mobil, jenis medan jalan yang biasa dilewati, jarak tempuh rata-rata setiap hari, kapasitas bagasi, atau area parkir yang Anda miliki.

Setelah mengetahui jelas kebutuhan Anda akan sebuah kendaraan yang ideal, Anda bisa mulai mencari model atau tipe mobil yang cocok.

2. Tentukan cara pembelian, tunai atau kredit

Langkah selanjutnya ialah menentukan cara pembelian mobil tersebut, antara kredit atau tunai. Masing-masing cara menawarkan keuntungan sekaligus kewajiban yang berbeda-beda bagi diri Anda.

Jika Anda memilih cara kredit, itu artinya Anda berkesempatan memiliki produk-produk mobil baru, namun dengan cara yang lebih ringan di kantong. Namun, Anda juga memiliki kewajiban untuk membayar cicilannya setiap bulan.

Kelebihan cara kredit lainnya ialah adanya perlindungan asuransi untuk mobil yang dibeli.

Sedangkan, keuntungan membeli mobil dengan cara tunai antara lain keleluasaan untuk menjualnya kapan saja karena tidak terikat dengan cicilan. Kira-kira mana yang sesuai dengan kondisi diri Anda?

3. Melakukan perbandingan produk

Sebelumnya, mungkin Anda sudah mengantongi pilihan produk mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Kini saatnya untuk melakukan perbandingan antara satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan pilihan terbaik.

Sejumlah aspek yang perlu dilihat antara lain spesifikasi teknis, fitur, dan jaringan dealer yang bisa melayani kebutuhan after sales mobil pilihan Anda.

Cara Beli Mobil
Untuk membandingkan antara satu produk dengan produk lainnya Anda bisa mendatangi pameran otomotif. (Foto: Shutterstock)

4. Mempertimbangkan ongkos kepemilikan

Di era informasi seperti sekarang, Anda bisa mendapatkan segala informasi tentang sebuah kendaraan. Tak terkecuali seluk beluk kepemilikannya, mulai dari konsumsi bahan bakar, “penyakit” mobil tersebut, hingga pelumas yang cocok. Mempertimbangkan biaya kepemilikan wajib masuk ke dalam langkah atau cara beli mobil agar tak menyesal belakangan.

Dari informasi-informasi tersebut, Anda bisa melakukan perhitungan kasar ongkos kepemilikan mobil tersebut.

5. Mencari mobil yang hendak dibeli

Setelah memantapkan pilihan, Anda tinggal melakukan pembelian mobil yang sudah Anda tentukan. Salah satu cara yang bisa Anda ambil ialah dengan mengunjungi halaman jual mobil www.cartalog.id.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan mobil baru atau bekas yang berkualitas dari beragam penjual yang tersebar di seluruh Indonesia.

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.

One reply on “Cara Beli Mobil yang Tepat, Cermati Langkah-langkahnya”

Comments are closed.