Untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas, calon pembeli memang perlu melakukan sejumlah upaya. Salah satunya mengecek keaslian odometer mobil bekas yang hendak dibeli. Dengan mengetahui cara cek keaslian odometer, setidaknya Anda bisa memiliki ukuran kondisi sebuah mobil.

Sebagai informasi, odometer merupakan alat pengukur jarak tempuh sebuah kendaraan. Semakin sering mobil dikendarai, maka jarak tempuh yang tertera pada odometer (dalam satuan kilometer) akan ikut bertambah pula.

Permasalahannya, jarak tempuh yang tertera pada odometer akan mempengaruhi harga jual mobil. Mobil dengan angka odometer yang tinggi kerap dianggap sebagai mobil “capek”. Otomatis harganya pun akan lebih rendah dibanding mobil yang jarang keluar garasi.

Pada praktiknya, masih ada pihak-pihak yang melakukan manipulasi odometer untuk mendapatkan harga jual lebih tinggi. Caranya dengan mengubah angka odometer menjadi lebih rendah. Cara curang ini jelas merugikan calon konsumen karena harus membayar harga mobil lebih tinggi padahal tak sesuai kondisi.

Guna menghindari hal tersebut, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian odometer mobil bekas.

>>> Baca juga:
Mesin Mobil Bekas Berat, Cek Bagian-bagian Ini
Harga Mobil Bekas di Bawah 100 Juta untuk Tipe MPV

Table of Content
Cek di tahun pembuatan mobil
Catatan servis
Cek kondisi fisik mobil

Melihat tahun pembuatan mobil

Anggapan yang beredar umumnya sebuah mobil mewah menempuh jarak sekitar 10.000 km per tahun. Sedangkan, mobil yang lebih populer rata-rata menempuh jarak 20.000 km per tahun.

Berdasarkan informasi itu, Anda bisa mencari tahu jarak tempuh yang wajar untuk sebuah mobil. Caranya, dengan mencocokkannya dengan tahun pembuatan.

Sebagai contoh, jika mobil mewah sudah berusia tiga tahun maka wajarnya jarak tempuh yang tertera di odometer ialah sekitar 30.000 km. Selisih yang tak seberapa mungkin bukan masalah.

Namun, jika angka yang tertera di odometer jauh lebih sedikit maka Anda perlu mencari informasi lebih dalam.

Amati catatan servisnya

Idealnya setiap mobil memiliki buku catatan servis yang menerangkan informasi-informasi penting. Termasuk jarak tempuh mobil setiap kali servis dilakukan.

Anda bisa mengecek keaslian odometer mobil dengan melihat angka yang ada pada servis terakhir kali. Nah, jika kemudian angka odometer saat Anda hendak membeli mobil lebih rendah, berarti Anda perlu waspada adanya kecurangan.

Anda juga perlu berhati-hati jika angka odometer yang sekarang hanya terpaut sedikit dari terakhir kali servis. Padahal servis tersebut sudah lama berlalu.

Cara Cek Keaslian Odometer Mobil 03
Melihat visuat bagian-bagian tertentu, seperti lingkar setir dapat menjadi cara mengkonfirmasi keaslian odometer. {Foto: Shutterstock}

Melihat visual kendaraan

Cara selanjutnya untuk memastikan keaslian odometer mobil bekas ialah dengan melihat kondisi fisik mobil tersebut. Misalnya, pada kondisi lingkar setir atau jok bagian pengendara.

Lingkar setir yang kondisinya telah memudar atau jok mobil yang kulitnya sudah pecah-pecah, merupakan indikasi mobil tersebut rutin dipakai. Berangkat dari informasi ini, Anda bisa mulai mempertanyakan keaslian jumlah jarak tempuh kendaraan yang tertera pada odometer.

Berbekal sejumlah cara cek keaslian odometer yang telah disebutkan, Anda bisa mengecek keaslian angka odometer kendaraan yang hendak dibeli. Mencari mobil bekas berkualitas memang gampang-gampang susah. Namun, bukan berarti Anda tak bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang fair.

Untuk itulah Cartalog.id hadir sebagai sebagai salah satu solusinya. Anda bisa melakukan pengecekan harga mobil bekas dengan akurat. Termasuk berdasarkan jarak tempuh yang dimilikinya. Kunjungi halaman Harga Cartalog sekarang untuk mencobanya.

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.