Perusahaan Listrik Negara (PLN) Perusahaan Listrik Negara (PLN) baru saja meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara bersamaan di 4 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Tangerang, dan Bali Selatan di bulan Oktober 2019 lalu. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebagai charging station mobil listrik.

Peresmian SPKLU merupakan bentuk implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden no.55 tahun 2019. Untuk wilayah Jawa Barat, peresmian SPKLU digelar di kantor PLN UP3 Bandung.

Menurut General Manager PLN UID Jabar, Iwan Purwana, penggunaan SPKLU lebih ekonomis dibandingkan dengan SPBU pada umumnya karena tidak menggunakan tangki bawah tanah.

>>> Baca juga: BMW M2 CS 2020 Lebih Kencang dari Versi Lawasnya

“Empat puluh menit sudah bisa mengisi ketersedian listrik secara cepat, kemudian mobilnya tidak mengeluarkan asap dan bunyi. Saat ini kami akan terus mencari lokasi untuk penambahan SPKLU,” jelasnya.

Iwan pun menambahkan, “Tiga bulan kedepan kemungkinan bertambah lagi, kita sedang mencari lokasi titik titik keramaian seperti tempat anak muda minum kopi. Untuk itu kita mohon dukungan pemerintah provinsi Jawa Bandung.”

Sementara Bambang Tirtoyuliono, Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Jawa Barat sangat mengapresiasi rencana PLN UID Jabar ini. Mengingat salah satu program Provinsi Jabar ialah mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil dan meningkatkan konsumsi listrik perkapita.

“Kita mendorong inovasi bahkan pada tahap regulasi, sekarang sudah mulai berkembang. Nanti kita pasang di tempat strategis di mana konsumennya banyak, misalkan di Gedung Sate salah satu tempat cukup penting, di parkiran sebelah timur,” kata Bambang.

SPKLU

Pengembangan SPKLU di Indonesia

Sejalan dengan itu, tambah Iwan, SPKLU sebagai charging station mobil listrik adalah hal mendasar untuk mendorong penggunaan kendaraan berlistrik. Dalam hal pembangunan SPKLU, PLN juga secara terbuka bekerjasama dengan berbagai pihak, baik perusahaan swasta ataupun BUMN lainnya.

Sebagai informasi, PLN di tahun ini berencana untuk membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia.

“Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah, guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterai, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya,” pungkas Irwan.