Fitur turbo atau turbocharger kini bukan hanya milik mobil-mobil dengan performa tinggi. Tak jarang pabrikan juga melengkapinya pada mobil penumpang yang dipasarkan secara massal. Karenanya, saat ini konsumen cukup mudah mencari mobil mesin turbo dengan harga bersahabat.

Salah satu alasan turbo cukup diminati ialah kemampuannya menciptakan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Di samping tentunya untuk mencapai performa mesin yang lebih tinggi. Berkat pengguaan turbo, mesin mobil yang kapasitasnya kecil bisa mengeluarkan tenaga di atas mesin non turbo atau NA (Naturally Aspirated) dengan kapasitas ruang bakar serupa.

Sejarah mencatat, konsep mesin turbo pertama kali ditemukan oleh insnyur Swiss bernama Alfred Buchi. Diriya merupakan kepala penelitian manufaktur mesin Winterthur. Paten untuk mesin turbo itu sendiri dilakukan pada 1905. Walau konsepnya sudah ada, namun pengaplikasian mesin turbo pada mesin kendaraan baru terwujud 20 tahun kemudian. Tepatnya untuk mesin kapal milik pemerintah Jerman pada 1923.

>>> Baca juga: BMW M2 CS 2020 Lebih Kencang dari Versi Lawasnya

Waktu berselang, kini mesin turbo cukup jamak ditemui untuk mobil-mobil penumpang. Di Indonesia ada beberapa produk yang bisa dipilih untuk pilihan mobil mesin turbo dengan harga bersahabat.

Bagi pengguna yang gemar akan mobil-mobil dengan body ringkas, pilihannya ada Honda Civic Hatchback Turbo. Di atas kertas mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 173 PS dari mesin 1.500cc VTEC Turbo yang juga mengusung Earth Dream Technology.

Di Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua pilihan tipe, yaitu Civic Hatchback S yang ditawarkan Rp428.600.000 dan Civic Hatchback E yang punya harga jual Rp469.000.000.

Mobil Mesin Turbo Honda Civic Hatchback

Selain Honda Civic Hatchback, konsumen Tanah Air juga memiliki pilihan yang lebih ekonomis, misalnya Chevrolet Trax. Crossover dengan body ringkas tersebut memiliki harga yang cukup menggiurkan saat ini, termasuk untuk unit barunya. Namun begitu konsumen meski berhadapan dengan risiko tak adanya agen pemegang merek di Indonesia mulai tahun depan.

Hal ini dikarenakan General Motors memutuskan untuk berhenti melakukan penjualan mulai Maret 2020.

Untuk spesifikasinya, Chevrolet Trax menggunakan mesin turbo 1.400cc dengan tenaga 140 PS. Angka tersebut membuatnya cukup unggul dibanding performa mobil-mobil sejenisnya.

Selama masa cuci gudang, Chevrolet banting harga Trax hingga Rp238,5 juta. Padahal, sebelumnya mobil ini dilepas dengan harga sekitar Rp318,5 juta.

Lantas, kalau menengok ke segmen SUV maka konsumen bisa melihat lebih banyak pilihan. Sejumlah mobil SUV yang populer di Indonesia seperti Pajero Sport, Toyota Fortuner, hingga Isuzu MU-X pun sudah dilengkapi turbo.

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.