Setiap tahun Google merilis laporan berisi topik-topik paling dicari selama setahun di setiap negara, termasuk Indonesia. Melihat laporan tahun ini, dalam bidang otomotif terdapat peningkatan pencarian terhadap fitur mobil. Hal ini dinilai sebagai cerminan keinginan konsumen untuk memiliki kendaraan bernilai lebih.

Dalam laporan berjudul “Google: 2019 Year in Search” tersebut, ada dua jenis fitur mobil yang banyak dicari konsumen, yaitu navigasi GPS (Global Positioning System) dan fitur keyless. “Orang Indonesia mencari lebih banyak fitur bernilai yang ada di mobil,” tulis Google dalam laporan tersebut.

>>> Baca juga: Singkatan Toyota Kijang, Belum Banyak Diketahui Orang

Seperti diketahui, navigasi GPS merupakan alat penunjuk arah yang dapat dimanfaatkan seorang pengendara untuk mencari jalan. Kebutuhan akan GPS bukan hanya di daerah terpencil. Pengendara di kota-kota besar juga kerap menggunakannya untuk menghindari kemacetan di jalan raya.

Sementara itu, fitur keyless merupakan bagian dari sistem keamanan kendaraan yang juga menambah aspek kepraktisan. Dengan fitur keyless maka pengguna tak perlu menggunakan anak kunci untuk membuka pintu mobil bahkan untuk menyalakan mesin. Fitur keyless biasanya diwujudkan dalam bentuk remote.

Selain itu, terlihat pula peningkatan pencarian terhadap topik-topik berkaitan dengan kendaraan ramah lingkungan, mulai dari electric car, mobil hybrid, motor listrik, dan catalyst. Hal tersebut dapat dilihat bahwa semakin banyak juga konsumen kendaraan roda empat Indonesia yang peduli terhadap lingkungan.

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.