Menjelang akhir tahun, hujan mulai sering turun di sejumlah daerah. Membuat pemilik mobil mesti lebih sering mencuci kendaraannya. Terkait hal ini, pertanyaan yang sering muncul ialah bolehkah mencuci mobil dengan sampo biasa?

Sampo yang dimaksud adalah jenis sampo yang biasa dipakai untuk berkeramas. Hal ini memang menjadi praktik yang sering ditemui. Namun, sebelum ikut melakukannya, ada beberapa hal yang mesti diketahui.

Mengutip laporan Consumer Reports, tidak disarankan mencuci mobil dengan sampo atau sabun yang bukan dirancang untuk mencuci mobil. Misalnya, sampo kepala, sabun cuci tangan, deterjen, atau bahan pembersih kaca yang biasa ditemui di rumah. Alasan utamanya, bahan-bahan yang terdapat di dalam jenis pembersih itu berpotensi mengangkat lapisan pelindung cat mobil.

>>> Baca juga: Posisi Lubang Tangki Bensin Mobil di Kiri atau Kanan?

Solusinya, disarankan bagi pemilik mobil untuk menggunakan sampo atau sabun yang memang dirancang untuk mencuci mobil. Sabun semacam ini akan lebih lembut dan bersahabat bagi cat mobil.

Kebanyakan sabun cuci mobil cukup efektif untuk mengangkat noda yang menempel. Meski demikian terkadang noda seperti gemuk, karet, serpihan aspal yang menempel pada bagian bawah bodi membutuhkan produk lebih kuat untuk membersihkannya.

Setelah mengetahui risiko mencuci mobil dengan sampo biasa, selanjutnya yang perlu dipahami ialah cara mencucinya. Karena sering kali pemilik mobil melakukannya dengan keliru. Sebut saja ketika membersihkan bagian kaki-kaki.

Sering kali pemilik mobil menggunakan peralatan yang sama dengan untuk membersihkan bagian body. Padahal, disarankan untuk menggunakan lap, ember, atau spon yang berbeda.

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.