Penyebaran virus corona ikut memukul sektor otomotif Tanah Air. Diketahui beberapa pabrik mobil di Indonesia sementara ini terpaksa menghentikan aktivitas produksi demi mencegah penyebaran pandemi tersebut.

“Saat ini yang menjadi prioritas utama kami adalah kesehatan seluruh elemen perusahaan. Untuk alasan tersebut, Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan,” jelas Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Motor / PT Suzuki Indomobil Sales.

Dilakukan mulai 13 April 2020, menurut rencana Suzuki akan kembali memulai aktivitas produksi pada 24 April mendatang.

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga akan mengambil langkah serupa pada tanggal yang sama. Bagi Honda, langkah ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara ketersediaan produk dan permintaan di pasar.

“Dalam kondisi pasar yang sedang turun saat ini, sangat penting untuk tetap menjaga level stok dan pasokan untuk konsumen agar tetap seimbang dengan permintaan pasar. Karena itu, kami akan melakukan penyesuaian dengan menghentikan sementara aktivitas produksi di pabrik selama 14 hari, mulai tanggal 13 April 2020,” jelas Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM.

Selain kedua brand tersebut, diketahui Wuling Motors juga akan melakukan hal serupa. Bahkan, Wuling akan melakukannya lebih awal, yaitu mulai tanggal 6 hingga 19 April.

Selain pabrik kendaraan roda empat, di sektor otomotif roda dua  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjadi brand yang juga memutuskan untuk berhenti produksi sementara.

Fenomena pabrik mobil ramai-ramai tutup bukan hanya terjadi di Indonesia. Secara global tak sedikit brand yang telah mengambil langkah tersebut. Beberapa di antaranya mengalihkan aktivitas produksi untuk membuat alat kesehatan, seperti masker atau ventilator. Seperti halnya yang dilakukan General Motors, Tesla, Fiat, hingga Rolls-Royce.

KUNJUNGI: Sambil santai di rumah, cek harga mobil impian dengan Harga Cartalog

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.