Tak sedikit pemilik mobil yang sudah kembali menjalani aktivitas sehari-hari. Setelah mobil diparkir dalam jangka waktu lama, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar kondisi mobil kembali siap jalan.

Hal tersebut diutarakan oleh Imam Suyudi, Section Head Technical Service 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta, Selasa, 16 Juni 2020.

“Setelah lama didiamkan, ada beberapa bagian kendaraan yang harus dicek kembali oleh pengguna, seperti ban, rem, kebersihan, dan mesin serta kelistrikan,” jelasnya.

Untuk ban, pemilik mobil perlu mewaspadai kondisi flat tire dimana ban mobil kehilangan tekanan angin sampai akhirnya kempis. Sebelum kembali menggunakan, pastikan seluruh ban memiliki tekanan angin yang cukup dan sesuai standar sehingga aman digunakan berkendara.

Setelah itu, kondisi rem juga harus diperiksa. Kondisi yang biasa terjadi adalah rem mengalami lengket. Hal ini bisa terjadi jika mobil diparkir dalam kondisi kampas rem basah.

Kemudian untuk bagian mesin, pemilik mobil bisa mempersiapkan kendaraannya dengan memanaskan mobil beberapa saat sebelum kembali digunakan. Pastikan juga tak ada kebocoran bahan bakar, pelumas, atau cairan pendingin.

Selebihnya adalah memastikan kondisi mobil bersih sehingga nyaman digunakan. Bukan hanya bagian eksterior, namun yang lebih penting lagi adalah interiornya.

Setelah semua bagian dipastikan bebas masalah, kamu bisa kembali menggunakan kendaraan untuk menjalani aktivitas di kondisi new normal ini. Namun, selalu ingat untuk menjalankan protokol kesehatan.

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.