Cara jumper aki mobil sebenarnya cukup mudah. Namun risiko yang dihadapi jika salah dalam melakukannya memang bisa berbahaya. Maka itu penting bagi setiap pemilik mobil untuk bisa melakukannya dengan cara yang baik dan benar.

Kenapa harus melakukan jumper aki mobil? Praktik ini biasanya dilakukan sebagai langkah darurat ketika aki mobil bermasalah. Misalnya, saat aki soak alias kehilangan daya listrik sehingga otomatis mesin mobil tidak bisa dinyalakan. Terutama di situasi yang tak memungkinkan untuk memanggil jasa mekanik profesional karena sedang di tengah perjalanan atau alasan lain.

Table of Content
Persiapan
Proses (mobil matic / manual)
Video Cara Pemakaian Kabel Jumper pada Aki Mobil – Youtube TrueloveYuasa

Karena sifatnya yang darurat, maka setelah mobil menyala disarankan untuk melakukan perbaikan aki secara proper.

BACA JUGA ARTIKEL SEPUTAR AKI:

  1. Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil yang Soak
  2. Mobil Tidak Bisa Distarter, Apa Saja Penyebabnya?

Persiapan jumper aki mobil

Posisi Kabel Saat Jumper Aki Mobil (Foto: Saft7)

Sebelum melakukannya ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama adalah menyiapkan kabel jumper yang menjadi peralatan utama untuk melakukan hal ini. Jangan lupa, kamu juga membutuhkan mobil dengan kondisi aki yang sehat untuk menyuplai listrik ke aki mobil yang mogok.

Demi keamanan, pastikan untuk melepas aksesori seperti charger smartphone yang tersambung pada colokan lighter atau USB di dalam kabin mobil. 

Cara jumper aki mobil

Proses cara jumper aki mobil matic dan manual terbilang mirip

  1. Posisikan kedua mobil dengan jarak yang bisa dijangkau oleh kabel jumper. Tapi jangan terlalu dekat untuk alasan keamanan. Buka kap mesin kedua mobil dan bersiaplah memasang kabel jumper.
    Melakukan teknik jump starter menggunakan kabel jumper
  2. Penting untuk mengatur posisi perseneling yang tepat ketika akan melakukan jumper mobil. Untuk mobil matic, posisikan transmisi pada pilihan P atau Parking dan untuk mobil manual pilih N atau Netral. Jangan lupa untuk pasang rem tangan atau rem parkir pada kedua mobil.

    kode perseneling mobil matik

    perseneling manual
  3. Mulai pasang kabel jumper. Hubungkan kabel positif (warna merah) ke kutub positif aki kedua mobil. Sedangkan untuk kabel negatif (warna hitam) perlakukannya berbeda. Pertama, hubungkan kabel tersebut ke kutub negatif aki mobil yang menyala. Setelah itu hubungkan ujung lainnya ke rangka atau sasis mobil yang mogok. Penting diingat, jangan menghubungkan kabel tersebut langsung ke aki mobil yang mogok.

    jumper aki mobil - OTOloka
  4. Setelah semua terpasang, tunggu beberapa saat. Kemudian nyalakan mesin mobil yang akinya normal. Injak gas sampai mesin bekerja di putaran 1.000 rpm. Kamu bisa mulai mencoba untuk menyalakan mesin mobil yang mogok.
  5. Jika mesin mobil yang mogok belum bisa menyala, maka tunggu beberapa saat lagi agar pengisian daya bisa lebih maksimal. Lalu kamu bisa coba nyalakan mesinnya kembali.
  6. Lepas kabel jumper dengan urutan yang benar. Pertama, lepas kabel negatif dari mobil yang mogok. Kedua, lepas kabel negatif pada mobil yang menyala. Ketiga, lepas kabel positif pada mobil yang mogok. Keempat, lepas kabel positif pada mobil yang menyala.

Video Pemasangan Kabel Jumper pada Aki Mobil

sumber Video : akun Youtube TrueloveYuasa. Diembed pada 24 Februari 2021 pukul 11.39 wib

Kita bisa asumsikan mobil yang mengalami aki tekor sudah bisa menyala. Dalam kondisi darurat maka kamu bisa melanjutkan perjalanan ke tujuan. Namun ada baiknya segera memeriksa kondisi aki mobil tersebut ke bengkel. Kemungkinan kondisi aki memang sudah perlu diremajakan.

Untuk menghindari aki soak di kemudian hari ada beberapa upaya untuk dilakukan. Pertama perhatikan usia pakai aki mobil. Umumnya usia aki mobil mobil antara tiga hingga lima tahun. Gunakanlah mobil secara rutin karena daya listrik pada aki mobil akan terisi secara otomatis ketika mesin mobil menyala.

Kemudian, ada salah satu kebiasaan pengguna yang bisa bikin aki cepat tekor. Yaitu menyalakan AC (Air Conditioner) atau tape dalam kondisi kontak “on”, namun mesin tidak dinyalakan. Beban listrik untuk melakukan hal tersebut cukup berat sehingga sebaiknya dihindari agar aki lebih awet.

BACA JUGA: Cara Kerja AC Mobil: Komponen Utama dan Prosesnya

>>> KUNJUNGI: Temukan banyak pilihan mobil dengan kondisi prima di Listing Cartalog

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.