Fakta yang kerap ditemui di lapangan biasanya mobil operasional perusahaan adalah sebuah MPV (Multi Purpose Vehicle) tujuh penumpang. Meski demikian, nyatanya city car seperti Suzuki Karimun Wagon R juga punya tepat untuk segmen ini.

Menurut keterangan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kontribusi segmen fleet terhadap peningkatan penjualan Karimun Wagon R didominasi beberapa bidang usaha, seperti FMCG, industri keuangan, hingga farmasi. Bodinya yang ringkas tidak membuat ruang kabinnya kecil. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dicari perusahaan untuk kendaraan operasional. 

“Penjualan Karimun Wagon R untuk segmen fleet memang meningkat. Bahkan di bulan September peningkatannya mencapai 215% jika dibandingkan bulan Agustus. Selain karena harganya kompetitif dan irit bahan bakar, Karimun Wagon R adalah mobil yang sesuai digunakan untuk kendaraan operasional maupun pribadi karena memiliki ruang kabin yang lega, praktis, dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan,” jelas Sukma Dewi, Asst. To Dept. Head Sales 4W PT SIS.

Di bulan September 2020, penjualan Karimun Wagon R tumbuh 106% dari sisi wholesales dan 44% dari sisi retail sales jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2020. 

Baru-baru ini pun untuk merayakan perjalanan 50 tahun Suzuki di Indonesia, SIS meluncurkan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition pada 10 Oktober 2020. Dipilihnya mobil ini sebagai edisi khusus ulang tahun karena berbagai aspek, seperti tingkat kandungan lokal yang tinggi, sejarahnya yang panjang, serta bentuknya yang ikonik.

KUNJUNGI: Cari Karimun bekas? Cek dulu harganya dengan pricing engine

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.