Keunggulan Suzuki XL7 bisa ditemui pada beberapa aspek mobil ini. Terutama untuk fitur yang dimilikinya. Tapi selain itu, SUV (Sport Utility Vehicle) dengan body compact ini juga memiliki eksterior dan interior yang menarik untuk dibahas. 

Buat kamu yang belum tahu, mobil ini tergolong baru diluncurkan untuk pasar Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkannya pada awal tahun 2020 lalu. Suzuki XL7 sendiri hadir menggunakan sasis dan mesin serupa milik Ertiga. Mesin yang dipakainya adalah unit dapur pacu K15B 4-silinder berkapasitas 1.462 cc dengan tenaga tertinggi 103,3 daya kuda dan torsi 138 Nm.

Walau menggunakan platform yang sama dengan Ertiga, namun untuk fitur, eksterior, dan interior jelas tak bisa disamakan karena konsep yang diusung kedua mobil berbeda. Ada beberapa keunggulan Suzuki XL7 yang membuatnya bisa dilirik sebagai SUV pilihan.

Eksterior-Suzuki-XL7-Resize

Keunggulan Suzuki XL7 Punya Fitur Canggih

Suzuki XL7 memiliki fitur bernama Smart E-Mirror. Pada saat mobil ini diluncurkan, fitur tersebut mendapat banyak sorotan karena kehadirannya tergolong baru untuk mobil yang ada di Indonesia. Lantas seperti apa cara kerjanya?

Pada umumnya mobil menggunakan kaca spion tengah yang terbuat dari cermin biasa. Tapi lain cerita dengan Suzuki XL7. Spion tengahnya berupa LCD digital yang terhubung dengan dua buah kamera. Pertama adalah ada kamera ke arah depan yang diposisikan di balik spion tersebut. Kedua adalah kamera belakang yang ditaruh di dekat plat nomor belakang.

Keuntungan dari fitur ini antara lain kemudahan lebih dalam berkendara karena angle kamera bisa diatur. Selain itu, spion ini juga bisa berfungsi untuk merekam perjalanan Anda. Di mana hasil rekamannya dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari bukti jika terjadi insiden atau sebatas kenang-kenangan perjalanan.

Untuk diingat, fitur ini hanya tersedia untuk Suzuki XL7 tipe teratas, yaitu Alpha.

Table of Content
Fitur Keselamatan
Tampilan Eksterior
Tampilan Interior
Harga

Fitur Keselamatan Punya Fitur Keselamatan Lengkap

Dalam memilih kendaraan tentunya fitur keselamatan wajib menjadi pertimbangan. Pada aspek ini Suzuki XL7 memiliki banyak hal yang bisa menjadikan perjalanan kamu bersama keluarga semakin aman.

Mulai dari sasisnya, Suzuki XL7 menggunakan platform Heartect yang bukan hanya kokoh dan ringan. Tapi juga diklaim bisa menyebarkan energi dari benturan sehingga keselamatan penumpang tetap terjaga. Masuk ke kabin, di dalamnya sudah ada Dual SRS Airbag.

Fitur-fitur tadi juga masih didukung dengan sistem pengereman ABS dan EBS yang berguna membagi power pengereman ke setiap roda sesuai kebutuhannya masing-masing. Ada pula Hill Hold Control untuk menjaga mobil agar tidak mundur ketika berhenti di tanjakan.

Bahkan di tipe Alpha dan Beta terdapat fitur tambahan bernama ESP (Electronic Stability Program) yang berguna mencegah oversteer atau understeer ketika mobil berbelok.

Eksterior-Suzuki-XL7-belakang-resize

Tampilan Eksterior Gagah Khas SUV Petualang

Untuk eksteriornya Suzuki XL7 terlihat sporty dengan sedikit sentuhan elegan. Kesan sporty didapat dari desain beberapa bagiannya, seperti kap mesin, headlight, bumper, dan spoiler yang terlihat gagah. Tapi di saat yang bersamaan juga tercermin nuansa elegan dari aksen krom dan desain peleknya.

Hadir sebagai SUV yang modern, Suzuki XL7 dilengkapi headlight LED lengkap dengan DRL. Lalu terdapat fog lamp yang membuat mobil ini siap untuk diajak berpetualang. Tampilannya yang gagah juga didukung adanya garnish di lower bumper depan dan belakang. Sementara itu pelek berdiameter 16 inci yang dipakai terlihat proporsional dari segi ukuran ataupun desain.

Tak kalah menarik jika kita melihat sedikit ke atap mobil. Suzuki XL7 memiliki roof rail yang ibaratnya sudah menjadi aksesori wajib untuk mobil petualang. 

Interior Nyaman untuk 7 Penumpang

Menggunakan platform dari Suzuki Ertiga, mobil ini juga memiliki kapasitas bangku yang sama, yaitu 7-seater. Kalau kamu duduk di bangku pengemudi maka akan dimanjakan dengan fitur-fitur, seperti audio steering wheel ataupun head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Sementara itu desain dashboard-nya juga menarik dengan material berpola karbon yang sporty.

Untuk menambah kenyamanan penumpang selama perjalanan, Suzuki XL7 juga memiliki armrest yang tersedia untuk bangku baris pertama dan kedua. Dan untuk setiap baris bangku tersedia power outlet 12V yang pastinya akan sangat berguna untuk mengisi daya baterai gadget kamu.

Fitur lain yang pastinya juga sangat berguna di dalam kabin adalah pengaturan AC digital untuk semua tipe dan tombol start stop engine. Tapi untuk diingat fitur ini hanya tersedia pada tipe Alpha dan Beta.

Interior Suzuki XL7

Harga Suzuki XL7 dan Promo Terbaru

Di tahun 2020 ada tiga tipe Suzuki XL7 yang dipasarkan di Indonesia, meliputi tipe Zeta, Beta, dan yang paling mahal Alpha. Masing-masing tipe tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-kecepatan ataupun matic 4-kecepatan. Sementara untuk harga lengkapnya (on the road Jakarta November 2020) dikutip dari website resmi Suzuki adalah sebagai berikut.

Tipe XL7Harga
Suzuki XL7 Zeta MTRp232.000.000
Suzuki XL7 Zeta ATRp242.500.000
Suzuki XL7 Beta MTRp248.500.000
Suzuki XL7 Beta ATRp259.000.000
Suzuki XL7 Alpha MTRp258.500.000
Suzuki XL7 Alpha ATRp269.000.000

Buat kamu yang berniat membeli Suzuki XL7, kebetulan saat ini sedang berlangsung promo “Gemerlap Suzuki”. Lewat promo ini kamu berkesempatan memiliki Suzuki XL7 dengan DP cuma Rp 20 jutaan* dan bunga cicilan 0%*. Jika semua itu belum cukup, masih ada extra cashback kalau kamu melakukan tukar tambah di Suzuki Autovalue*.

Jadi jangan tunggu lama lagi! Hubungi Cartalog Care melalui nomor 0822 6888 5080 (WA) untuk mendapatkan promonya.

*Syarat dan ketentuan berlaku

Kunjungi: Suka mobil-mobil Suzuki? Temukan pilihannya di Listing Cartalog

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.