Saat mobil tidak bisa distarter biasanya kita akan langsung berpikir aki soak adalah penyebabnya. Wajar saja karena memang masalah tersebut adalah yang paling umum. Tapi di luar itu masih ada lagi beberapa permasalahan yang bisa membuat mesin mobil tidak bisa menyala.

Baca Juga Artikel yang Berhubungan dengan Mesin :

  1. Tutorial Cara Jumper Aki Mobil yang Baik dan Benar
  2. Fungsi Radiator Mobil, Gunakan Water Coolant Biar Maksimal
  3. Dinamo Starter Mobil: Cara Mengecek dan Perawatan

Dalam artikel kali ini kita akan lihat bersama-sama penyebab mesin mobil tidak bisa distarter agar kamu memiliki gambaran lebih luas seandainya dihadapkan pada situasi seperti itu.

Sebab Mobil Distarter Tidak Mau Hidup

Sebab mobil distarter tidak mau hidup bisa cukup beragam. Mulai dari yang sepele, seperti kehabisan bensin sampai permasalah yang memiliki risiko tinggi, seperti overheat. Masing-masing masalah tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda.

Kita mulai dulu dari penyebab yang paling sepele, namun jarang terpikiran oleh banyak orang.

Table of Content
Bensin Habis
Busi Mati
Alternator Rusak
Ignition Switch Rusak
Koil dan Sekring Rusak
Aliran Udara Terganggu
Mobil Tiba-tiba Mati dan Tidak Bisa Distarter

1. Bensin Habis

Sumber : Otosia.com

Mayoritas mobil yang beredar di jalan raya memang sudah dilengkapi indikator jumlah bahan bakar. Tapi tetap saja ada kemungkinan kehabisan bensin ketika dalam perjalanan. Bisa jadi karena kelalaian diri sendiri atau masalah teknis.

Contoh masalah teknis, indikator memberikan informasi yang salah terhadap jumlah bensin di dalam tangki. Atau bisa saja terjadi penyumbatan pada pompa atau injektor sehingga bensin tidak tersalurkan dengan baik ke mesin. Masalah lain adalah selang bahan bakar yang kondisinya sudah tidak bagus.

2. Busi Mati

Sumber : jawapos.com/otomotif

Agar dapat beroperasi mesin mobil membutuhkan percikan api yang bersumber dari busi. Saat komponen ini tidak bekerja dengan baik hasilnya sudah bisa ditebak, mesin mobil tidak akan bisa distarter.

Permasalahannya, kondisi busi mobil juga akan menurun seiring bertambahnya usia kendaraan. Masalah yang paling umum adalah kepala busi kotor. Jika kondisinya demikian maka kamu cukup membersihkannya saja. Lain cerita jika kondisi busi sudah benar-benar mati. Mau tak mau kamu harus menggantinya.

3. Alternator Rusak

Sumber : daihatsu.co.id

Untuk mobil yang sudah berumur, kerusakan alternator bisa jadi penyebab lain mobil tidak bisa distarter. Masalah ini biasanya terjadi pada mobil-mobil yang usianya sudah delapan tahun lebih. Untuk diketahui, komponen ini berfungsi mengalirkan arus listrik ke dalam aki.

4. Ignition Switch Rusak

Sumber : montirpro.com

Seiring bertambahnya usia pemakaian kendaraan, starter mobil itu sendiri bisa mengalami masalah. Starter mobil juga biasa dikenal dengan sebutan ignition switch. Ciri-ciri ignition switch yang bermasalah adalah mesin mobil mati secara tiba-tiba.

Jika kerusakannya tergolong ringan maka biasanya mobil akan kembali bisa dinyalakan setelah beberapa waktu. 

5. Koil dan Sekring Rusak

Ilustrasi koil. Sumber : assets.intersport.id
Ilustrasi sekring. Sumber : deltalube.com

Terkait pengapian kendaraan, selain busi mobil juga membutuhkan koil yang bekerja dengan baik agar mesin bisa menyala normal. Jadi ketika mesin mobil tidak bisa distarter sebaiknya kamu juga memeriksa komponen ini. Jangan-jangan kondisinya sudah tak sempurna lagi.

Selain itu, ada baiknya kamu juga memeriksa kondisi sekring 10 ampere untuk mesin. Jika kondisinya putus maka akan memengaruhi kinerja koil.

6. Aliran Udara Terganggu

Sumber : shop.hellowynd.com

Selain itu faktor-faktor yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga mesti mengetahui mesin mobil membutuhkan aliran udara yang lancar agar dapat beroperasi dengan baik. Jika sistem yang ada di dalamnya terganggu maka dapat dipastikan kinerja mesin akan terganggu.

Komponen-komponen yang termasuk dalam sistem ini antara lain filter udara atau air cleaner. 

Mobil Tiba-tiba Mati dan Tidak Bisa Distarter

Dalam beberapa kasus mesin mobil bisa mengalami mati secara tiba-tiba dan tidak bisa distarter. Faktor-faktor di atas juga bisa menjadi penyebab akan hal ini. Ditambah faktor lain, misalnya saja mesin yang mengalami overheat atau panas berlebih. Penyebabnya bisa beragam, salah satunya sistem pendingin tidak bekerja sebagaimana mestinya. Dalam kondisi yang sudah terlalu panas, mesin mobil akan mati secara otomatis untuk mencegah kerusakan yang parah.

Kungjungi: Temukan Mobil Bekas dengan Kondisi Prima dan Harga Ideal di Listing Cartalog

Published by Mada Prastya

Jurnalis otomotif dan reviewer mobil yang telah berpengalaman menulis tentang roda empat sejak tahun 2010 baik di media cetak dan media online. Kini memiliki tanggung jawab mengasuh berita mobil, tips mobil, dan review mobil di Cartalog.id.