Cara menghilangkan baret pada mobil ternyata bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Pada beberapa kasus, mungkin kamu tetap membutuhkan bantuan mekanik profesional. Tapi kalau baret atau lecetnya masih tergolong ringan ada baiknya kamu simak dulu cara-cara berikut.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melihat seberapa parah kerusakan yang ada. Ciri-ciri baret yang cukup parah antara lain terlihatnya lapisan dasar dari body mobil. Biasanya berupa bahan metal atau plastik. Jika kondisinya demikian maka mobil terpaksa harus dibawa ke bengkel.

Sebaliknya, kalau hanya baret tipis, ini dia beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkannya.

Mencuci-Mobil
Table of Content
1. Cuci dulu sampai bersih
2. Gunakan Kompon
3. Scratch Remover
4. Pasta Gigi

1. Cara menghilangkan baret pada mobil, cuci dulu sampai bersih

Ada kalanya lecet yang terlihat pada mobil sebenarnya bukanlah sebuah kerusakan. Melainkan hanya sebatas noda yang menempel di permukaan body. Untuk itu, cobalah mencuci mobil hingga bersih menggunakan sabun dan kain lap sintetis atau microfiber.

Terkadang noda di body mobil juga tak bisa langsung hilang begitu saja. Tapi bukan berarti kamu menemui jalan buntu. Setelah mobil dicuci, coba mengaplikasikan produk poles yang bisa ditemui dengan mudah di toko-toko aksesori atau minimarket. 

Kompon-Mobil-Terbaik

2. Gunakan kompon untuk menghapus baret ringan

Sumber : bukalapak.com/u/juliana0808

Jika cara pertama belum berhasil berarti apa yang kamu lihat merupakan benar-benar sebuah kerusakan. Solusi yang bisa dilakukan antara lain menghapusnya dengan kompon.

Bagi yang masih awam, kamu bisa membeli kompon di toko aksesori mobil atau toko bangunan. Ada beberapa jenis kompon yang beredar di pasaran, di antaranya kompon coklat dan kompon putih.

Perbedaan utama ada pada kekuatan mengikisnya. Kompon coklat lebih kuat dalam mengikis cat. Sedangkan kompon putih lebih halus. Untuk penggunaan sendiri di rumah pilih kompon yang berwarna putih.

Adapun cara menggunakan kompon adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan permukaan body mobil dan keringkan
2. Oleskan kompon lalu gosok perlahan menggunakan lap halus
3. Bilas kompon hingga bersih lalu keringkan
4. Aplikasikan produk poles mobil untuk membuat body mengkilap

Penggunaan kompon kemungkinan besar akan berhasil untuk mengatasi baret ringan. Tapi untuk diingat, jangan terlalu sering menggunakannya karena bisa-bisa cat mobil kamu menjadi tipis.

3. Pakai scratch remover, cara menghilangkan baret pada mobil hitam juga warna lain

Sumber : Tokopedia.com/hcauto

Sebagian orang merasa penggunaan kompon untuk menghilangkan baret pada mobil kurang praktis. Solusi lain yang lebih ringkas adalah menggunakan scratch remover. Kamu bisa memilih scratch remover berbentuk spidol agar lebih mudah digunakan. Di pasaran produk seperti ini bisa ditemui dengan harga mulai 30 ribuan.

Untuk langkah-langkah menggunakan scratch remover antara lain sebagai berikut:

1. Bersihkan bagian body mobil yang akan diperbaiki
2. Aplikasikan scratch remover secukupnya hingga baret tertutupi
3. Usap menggunakan kain microfiber

Hal lain yang membuat scratch remover lebih praktis adalah kamu tidak perlu khawatir munculnya noda bekas perbaikan. Beda hal dengan penggunaan kompon yang terkadang meninggalkan bercak warna putih jika pengaplikasian tidak dilakukan secara cepat. Noda tersebut akan terlihat sangat nyata pada mobil berwarna hitam.

4. Menggunakan pasta gigi

Cara-Menghilangkan-Baret-Pada-Mobil-dengan-Pasta-Gigi

Barang di rumah yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret body mobil adalah pasta gigi. Namun untuk cara ini sebaiknya hanya digunakan dalam kondisi mendesak. Prosesnya memang relatif aman untuk body mobil. Hanya saja jangan dilakukan terlalu sering karena bisa mengikis cat mobil lebih cepat.

Langkah menghilangkan baret menggunakan pasta gigi:

1. Bersihkan permukaan yang akan diperbaiki
2. Oleskan pasta gigi ke kain lap yang akan digunakan
3. Gosok kain lap ke bagian yang lecet hingga baret berkurang atau hilang
4. Bilas permukaan body mobil hingga bersih

Bagaimana? Tak sulit bukan? Sekarang kamu bisa mencoba berbagai cara menghilangkan baret pada mobil di rumah sendiri. Semoga berhasil ya!

>>> Kunjungi: Cari Mobil Bekas yang Mulus? Kunjungi Listing Cartalog