Manfaat coating mobil cukup nyata. Pemilik kendaraan bisa melihat tampilan eksterior akan lebih mengkilap. Tapi, apakah manfaatnya sebatas itu?

Istilah coating mobil itu sendiri mungkin cukup akrab di telinga. Walau nyatanya banyak juga yang masih meraba-raba definisi sesungguhnya. Tidak semua proses pelapisan body mobil bisa dibilang coating. Hal itu dikarenakan prosesnya menggunakan bahan khusus.

Table of Content
Overview
Manfaat
Mobil Bekas / Baru?

Coating Mobil Adalah Perlindungan Ekstra untuk Cat Kendaraan

Secara sederhana coating mobil adalah perlindungan ekstra pada body mobil. Tujuan utamanya agar cat kendaraan tidak gampang berubah warna. Perubahan itu biasanya didorong faktor-faktor alam, misalnya suhu udara, sinar ultraviolet, polusi, jamur, bahkan hingga kotoran burung.

Di pasaran bisa ditemukan banyak jenis coating mobil, sebut saja ceramic coating atau glass coating. Tak perlu bingung, pada dasarnya kedua jenis coating tersebut sama saja. Perbedaan nama muncul sebagai upaya masing-masing brand yang memasarkannya.

Hal yang perlu diingat adalah coating menggunakan silika cair untuk melapisi body mobil. Silika itu sendiri merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan untuk membuat kaca. Jenis silika yang digunakan dibedakan dari tingkat kekerasannya, mulai dari 7H, 8H, atau 9H. Semakin besar angkanya maka proteksi yang diberikan semakin kuat.

Baca Juga Artikel Seputar Eksterior Mobil :

  1. Cara Membersihkan Mesin Mobil Matic, Awas Korslet!
  2. Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil, Nggak Perlu ke Bengkel

Setelah diaplikasikan, maka bahan yang berbentuk cair tersebut akan melindungi permukaan body mobil. Bahkan sampai masuk pori-pori cat sehingga menghalangi kotoran atau debu bersarang.

Dari bahan yang digunakannya, coating mobil jelas berbeda dengan perlindungan cat mobil lainnya yang menggunakan stiker bening ataupun wax poles.

Manfaat Coating Mobil

Manfaat coating mobil cukup signifikan untuk penampilan kendaraan. Sehingga wajar saja jika workshop atau tempat coating mobil selalu ramai konsumen. Adapun, benefit yang bisa dirasakan pemilik mobil dari proses ini antara lain:

1. Cat mobil nampak seperti selalu baru karena kilap yang awet
2. Cat mobil terlindung dari goresan ataupun baret
3. Cat mobil tidak mudah berubah warna karena terlindung dari sinar ultraviolet atau zat kimia
4. Bebas kerak dan jamur karena coating memiliki efek water repellent
5. Untuk mobil bekas, coating bisa mengembalikan warna asli mobil
6. Manfaat perlindungan yang awet, sampai sekitar tiga tahun

Dilihat dari manfaat-manfaat yang diberikannya, coating mobil dapat dikatakan sebagai perlindungan body mobil terbaik yang ada saat ini. Tapi tentunya ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan itu semua. Harganya mulai Rp3 jutaan sampai Rp8 jutaan tergantung dari jenis coating dan ukuran kendaraan.

Coating Mobil Bekas dan Baru, Apa Bedanya?

Pada dasarnya coating mobil akan melindungi cat yang sudah ada. Mobil baru umumnya memiliki kondisi cat yang masih bagus dan bodynya pun mulus. Pada kondisi seperti ini coating sangat ideal untuk diaplikasikan. Lantas bagaimana dengan mobil bekas? 

Mobil bekas pun sah-sah saja menggunakan coating. Tapi ada beberapa hal yang menjadi catatan. Pertama, pastikan kondisi cat masih dalam kondisi yang relatif baik. Pemudaran cat dikarenakan bertambahnya usia kendaraan bisa ditoleransi jika masih dalam tingkat wajar. Harapannya penggunaan coating justru bisa menghentikan cat menjadi tambah pudar.

Tapi lain cerita jika kondisi body mobil mengalami baret yang cukup serius atau bahkan karat di permukaannya. Coating mobil tidak ideal diaplikasikan. Dengan kondisi seperti ini sebaiknya pemilik mobil melakukan perbaikan body terlebih dahulu.

Jadi, bagaimana dengan kondisi mobil kamu? Siap diberi coating atau justru sebaliknya?

>>> Kunjungi: Listing Cartalog Tempat Terbaik untuk Temukan Mobil Impianmu