Dinamo starter mobil menjadi salah satu komponen vital pada kendaraan. Keberadaannya dibutuhkan agar kita bisa menyalakan mesin. Karenanya, setiap pengendara perlu mengetahui cara mengecek dan langkah perawatan. Kerusakan pada komponen ini bisa menyebabkan salah satunya mobil susah starter dalam kondisi panas.

Istilah dinamo starter itu sendiri mungkin sudah cukup akrab bagi sebagian pemilik mobil. Tapi tentunya masih ada kalangan awam yang belum memahaminya. Untuk itu kita akan lihat dulu penjelasan singkat mengenai komponen ini.

BACA JUGA:
>>> Mobil Tidak Bisa Distarter, Apa Saja Penyebabnya?
>>> Tutorial Cara Jumper Aki Mobil yang Baik dan Benar

Table of Content
Dinamo Ampere : Apa Bedanya dengan Dinamo Starter?
Cara Cek Dinamo Starter
Perawatan

Dinamo Starter Mobil: Fungsi dan Perbedaannya dengan Dinamo Ampere

Ilustrasi dinamo ampere / alternator di mobil

Pada sistem kelistrikan kendaraan khususnya mobil terdapat dua jenis dinamo, yaitu dinamo starter dan dinamo ampere. Kedua komponen ini bekerja secara bergantian untuk menopang kinerja mesin. Tak sedikit pemilik kendaraan yang masih sering tertukar memahami tugas dari dua komponen ini.

dinamo starter untuk Honda Accord, Maestro, Cielo. Sumber : tokopedia.com/hrt727

Perbedaan terletak pada fungsinya. Secara sederhana dinamo starter berfungsi untuk menyalakan mesin mobil. Caranya dengan mengubah energi listrik dari aki menjadi energi gerak untuk memutar flywheel. Begitu mesin mobil menyala tugas komponen ini selesai.

Beda cerita untuk dinamo ampere atau yang juga sering disebut alternator. Komponen ini punya tugas mengisi daya listrik ke dalam aki mobil. Tanpa adanya komponen ini maka perputaran listrik di mobil tak akan terjadi. 

Cara Mengecek Dinamo Starter Mobil

Ada beberapa cara mengecek dinamo starter mobil. Salah satunya dengan memperhatikan ciri-ciri atau kondisi sebagai berikut.

Sumber : Youtube channel Kamil Motor. URLs : https://www.youtube.com/watch?v=A73RuPdWIdM

1. Munculnya suara kasar atau desingan menjadi salah satu ciri masalah pada komponen ini. Bunyi kasar bisa jadi berasal dari gigi pada gear yang terdapat pada dinamo sudah rusak. Sedangkan bunyi desingan kemungkinan disebabkan ada poros yang los.

2. Ciri selanjutnya adalah mesin sulit dinyalakan pada kondisi panas. Padahal dalam kondisi dingin starter berfungsi normal. Kondisi ini disebabkan resistensi berlebih pada kumparan di dalam dinamo yang menghalanginya berputar karena panas mesin memengaruhi solenoid.

3. Mesin tidak merespons sama sekali ketika distarter adalah ciri lain dinamo starter mobil rusak. Penyebabnya bisa jadi sekring putus yang merupakan tanda adanya korsleting. Kondisi ini juga bisa berujung carbon brush atau gulungan tembaga terbakar.

4. Aki mengalami soak juga merupakan salah satu indikasi kerusakan dinamo starter. Coba lakukan pengecekan pada aki karena ada kemungkinan sambungan baterai kotor, korslet, habis, atau longgar. 

Perawatan Dinamo Starter Mobil

Mayoritas komponen pada kendaraan memiliki usia pakai. Untuk dinamo starter biasanya sekitar 3-5 tahun. Kerusakan yang terjadi pada rentang usia pakai tersebut bisa dibilang sebagai sebuah hal yang wajar. Tapi di luar itu, pemilik kendaraan juga sebaiknya melakukan perawatan komponen ini. Langkah-langkah yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut.

1. Hindari menstarter mobil secara terus menerus ketika mesin tidak mau menyala. Hal ini bisa menyebabkan dinamo terlalu panas. Solusinya, beri waktu beberapa saat sebelum coba menyalakan mesin mobil lagi.

2. Rutin memeriksa kondisi carbon brush di dalam dinamo. Karena jika bagian ini habis maka putaran dinamo akan melemah dan mengeluarkan suara kasar ketika mobil distarter.

3. Menjaga kondisi aki tetap prima juga menjadi cara merawat dinamo starter. Karena dalam prosesnya komponen ini akan mengambil daya listrik dari aki untuk digunakan memutar mesin. Pastikan tegangan listrik yang terdapat pada aki mobil tidak lemah.

Setelah mengetahui cara mengecek dan perawatannya, semoga dinamo starter mobil kamu selalu dalam kondisi prima. Jadi tidak perlu khawatir mesin mobil tidak bisa menyala atau mogok ketika sedang digunakan. Tak ada salahnya memanfaatkan jasa bengkel profesional untuk melakukan pengecekan bagi kamu yang merasa masih awam.

Bebas mogok! Cari mobil bekas dengan kondisi terbaik di Listing Cartalog