Biaya ganti kampas rem mobil sebenarnya tak terlalu menguras kantong. Besarnya sekitar Rp100 ribuan tapi untuk angka pastinya memang variatif tergantung dari jenis mobil.

Seperti diketahui, kampas rem sendiri merupakan komponen vital yang terdapat pada sistem pengereman kendaraan. Pada dasarnya komponen ini memiliki tugas menjepit rotor cakram atau “rumah” tromol yang terdapat di roda mobil.

Di pasaran sendiri ada beberapa jenis kampas rem dilihat dari jenis bahannya. Jenis yang pertama adalah bahan yang disebut organik. Bahan ini terdiri dari campuran kaca, resin, karet, dan masih banyak lagi.

Pada awalnya, kampas rem ini menggunakan bahan asbestos. Tapi belakang asbestos ditinggalkan karena bisa menyebabkan kanker paru-paru. Oiya, kampas rem jenis ini bisa dibilang paling lunak. Cocok untuk digunakan pada mobil-mobil harian.

Jenis kampas rem yang kedua adalah semi metalic. Kampas rem jenis terbuat dari campuran bahan-bahan organik dan metal. Penggunaannya biasa ditemui pada mobil-mobil dengan performa tinggi.

Terakhir adalah kampas rem ceramic. Kelebihannya adalah bisa digunakan hingga suhu yang sangat tinggi. Tapi tidak cocok untuk digunakan pada mobil-mobil harian karena butuh suhu pengoperasian khusus.

BACA JUGA:
>>> Dinamo Starter Mobil: Cara Mengecek dan Perawatan
>>> Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil, Nggak Perlu ke Bengkel

Table of Content
Kapan Saatnya Ganti Kampas Rem Mobil?
Biaya Ganti Kampas Rem Mobil
Tips Merawat Rem Mobil

Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem Mobil

Mayoritas produsen mobil menyarankan konsumennya untuk mengganti kampas rem setiap 35.000 km sampai 40.000 km. Nah, usia kampas rem untuk mobil dengan transmisi manual bisa lebih awet dengan interval penggantian bisa mencapai 70.000 km.

Berarti mobil matic mesti lebih sering ganti kampas rem dong? Betul. Hal ini dikarenakan kampas rem pada mobil matic memiliki tugas yang lebih berat. Sebab mesin mobil selalu memberi dorongan walau pada posisi berhenti.

Tapi baik pada mobil manual ataupun matic, usia kampas rem memang yang paling pendek dibanding komponen lain di sistem pengereman. Jadi benar-benar perlu diperhatikan untuk jadwalnya penggantiannya.

Biaya Ganti Kampas Rem Mobil

Seperti sudah disebutkan, biaya ganti kampas rem mobil cukup variatif tergantung dari jenis mobilnya. Satu hal yang perlu dipahami ketika hendak melakukan pembelian, pastikan kamu mengetahui jenis rem yang digunakan. Antara rem tromol alias drum brake atau cakram alias disc brake.

Beberapa mobil sebenarnya memiliki kesamaan kampas rem. Ambil contoh, kampas rem depan untuk Toyota Avanza juga bisa digunakan untuk Daihatsu Xenia. Hal ini dikarenakan kedua mobil memang dibuat pabrik yang sama. Kebetulan kampas rem Avanza juga identik dengan yang digunakan pada Toyota Rush atau Daihatsu Terios.

Melihat ke sejumlah toko onderdil, kampas rem depan Avanza diual mulai dari Rp65.000 satu set. Itu artinya ada empat buah kampas rem untuk ban sebelah kiri dan kanan. Pilihan yang lebih mahal juga ada, misalnya merek Bendix yang menjual produknya Rp230.000.

Datang dari brand aftermarket, harga yang ditawarkannya sedikit lebih mahal dibanding kampas rem asli Toyota yang dijual sekitar Rp100 ribuan. Nah, untuk mobil-mobil lainnya, seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Daihatsu Sigra, atau Toyota Calya harganya tidak jauh berbeda.

Tips Merawat Rem Mobil

Seperti bagian lainnya pada kendaraan, sistem pengereman juga butuh perawatan. Upaya yang bisa dilakukan oleh para pemilik, antara lain mengganti minyak rem setiap 20 ribu km. Jika mobil digunakan setiap hari itu artinya sekitar satu tahun sekali.

Langkah kedua yang juga bisa dilakukan adalah rutin membersihkan rotor cakram. Segala kotoran yang menempel pada bagian ini, seperti debu atau minyak bisa mengurangi efektifitas pengereman.

Pengen beli mobil bekas dengan kondisi terjamin? Cek Listing Cartalog