Perbedaan Honda Jazz RS dan S bisa ditemui di bagian eksterior hingga interiornya. Termasuk untuk harga jual barunya. Kira-kira model apa yang lebih cocok untuk kamu?

Nah, Honda Jazz sendiri bisa menjadi pilihan buat kamu yang menginginkan mobil hatchback dengan gaya sporty. Mobil yang menjadi pesaing dari Toyota Yaris ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 2003.

Saat itu Honda Jazz generasi pertama yang mengusung kode GD3 hadir dengan tampilan yang modern banget di masanya. Enggak aneh banyak anak muda yang naksir sama mobil ini.

Faktanya, Honda Jazz GD3 juga masih banyak yang memburu di pasar mobil bekas. Citra sebagai mobil anak muda yang sporty itu terus menempel pada Honda Jazz hingga generasi terbarunya atau yang banyak disebut sebagai Honda Jazz GK5.

Pada generasi ini ada dua tipe yang ditawarkan, yaitu Jazz S dan Jazz RS. Sedangkan untuk rentang harganya ada di angka Rp255.000.000 sampai Rp298.500.000.

BACA JUGA:

>>> Modifikasi Honda Jazz Terbaru Bergaya Adventure

Perbedaan Honda Jazz RS dan S

Perlu diketahui, perbedaan antara kedua tipe ini hanya sebatas kosmetik dan fiturnya. Sedangkan untuk mesin dan transmisi bisa dipastikan serupa.

Honda Jazz terbaru dibekali mesin 1.5 SOHC i-VTEC dengan tenaga 120 Ps. Masing-masing tipe tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 kecepatan atau CVT.

Kalau dilihat di atas kertas sih tenaganya jauh lebih besar dibanding Toyota Yaris yang punya output 107 Ps. Jadi memang nggak salah kalau Honda Jazz disebut sebagai hatchback yang sporty.

Adapun penjelasan mengenai perbedaan Jazz RS dan S antara lain :

1. Jazz RS Pakai Lampu LED

Penggunaan headlight LED menjadi salah satu ciri khas mobil-mobil modern dalam beberapa waktu belakangan. Tapi sayangnya, jenis lampu yang lebih terang ini sering kali hanya ditemui pada tipe-tipe tertinggi.

Hal tersebut bisa dijumpai pada Honda Jazz. Untuk tipe RS kamu akan mendapat mobil dengan tampilan yang modern berkat penggunaan lampu LED. Sementara untuk Jazz tipe biasa atau S masih menggunakan lampu halogen.

2. Ukuran Velg Jazz RS Lebih Besar

Honda memberi Jazz RS yang beredar di Indonesia saat ini dengan ukuran velg 16 inci. Diameter tersebut lebih besar dibanding milik Jazz S yang punya lebar velg 16 inci.

Keduanya memang sama-sama menggunakan bahan alloy yang artinya sudah cukup bagus, tapi untuk desainnya berbeda. Milik Jazz RS dibalut warna two tone sehingga lebih menarik.

3. Beda Ukuran Head Unit

Kalau kamu masuk ke dalam kabin, maka juga bisa ditemui perbedaan dari head unit yang digunakan. Sudah barang tentu Jazz RS sebagai tipe tertinggi kebagian head unit yang lebih canggih. Ukurannya juga lebih besar, yaitu inci 8 inci. Sedangkan head unit yang terdapat pada Jazz biasa berukuran 6 inci.

4. Bahan dan Desain Interior

Baik Honda Jazz RS dan S sebenarnya sama-sama menggunakan bahan fabric untuk membungkus joknya. Tapi kalau diperhatikan dengan seksama, interior tipe RS sedikit lebih menarik dengan penggunaan material kulit yang membungkus lingkar setir dan tuas persneling. Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi akan membuat pengalaman berkendara dengan Jazz RS terasa lebih memuaskan.

5. Jazz RS Punya Fitur Lengkap

Perbedaan terakhir antara Jazz S dan Jazz RS adalah pada fitur yang diberikan. Ada beberapa fitur yang hanya tersedia di tipe tertingginya, misal tombol engine start stop. Dengan adanya fitur ini proses menyalakan dan mematikan mesin jadi lebih praktis karena tinggal menekan tombol.

Contoh lain fitur yang hanya tersedia untuk tipe RS adalah cruise control dan paddle shift khusus untuk pilihan transmisi CVT.

Setelah melihat perbedaan-perbedaan tersebut, kamu juga akan lebih mudah menjatuhkan pilihan jika mengetahui harga untuk setiap tipenya. Mengacu pada website resmi PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia, harga Jazz S MT (Rp255.000.000), Jazz S CVT (Rp265.500.000), Jazz RS MT (Rp288.000.000), dan Jazz RS CVT (Rp298.500.000).

Lebih suka Honda Jazz generasi lama? Cari mobilnya di Listing Cartalog