Bagi sebagian orang yang baru pertama kali menyetir mobil matic, tentu agak sedikit bingung cara menjalankannya. Karena cara menyetir mobil matic untuk pertama kali akan terasa sedikit sulit dan butuh penyesuaian. 

Bahkan bagi orang yang sudah terbiasa mengendarai mobil manual, menyetir mobil matic akan terasa sulit. Karena mengendarai mobil manual dan matic cukup berbeda dari cara menginjak gas dan perpindahan giginya. 

Tapi buat mereka yang pemula, mengendarai mobil matic ini terbilang mudah. Karena bagi mereka yang pemula mereka tidak perlu memikirkan melepas kopling dan memindahkan gigi. Cukup menginjak pedal gas dan rem saja, mobil sudah bisa berjalan. 

Tapi, menyetir mobil matic tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengendarai mobil dengan transmisi otomatis. Berikut kami sampaikan beberapa cara menyetir mobil matic untuk pemula. 

BACA JUGA:
>>> Buka Ban Mobil ke Arah Mana? Lihat Tutorialnya
>>> Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Lepas Gas
>>> Cara Menyetir Mobil Manual Mudah Kok, Ini Tipsnya!

Cari Posisi Duduk yang Nyaman

Sebelum memulai berkendara, pastikan posisi duduk sudah benar-benar nyaman dan rileks. Jangan posisikan kaki terlalu jauh dari pedal, karena bisa membuat cepat pegal. Perhatikan juga jarak antara tangan dan setir agar tidak terlalu dekat dan terlalu jauh. 

Posisi menyetir yang ideal adalah tangan hampir lurus menggenggam setir dengan posisi duduk yang agak tegak. Posisi ini bertujuan untuk membuat badan tidak cepat pegal.

Pahami Tuas Transmisi

Pada mobil matic, pahami dulu fungsi yang ada pada tuas persneling. Pada mobil matic biasanya terdiri dari P, N, D, R, 1 dan 2. Pastikan kamu paham dengan huruf dan angka yang ada di tuas transmisi tersebut. 

P memiliki arti sebagai Park, yang berarti posisi parkir. Lalu D berarti Drive, atau siap berkendara. Sedangkan R memiliki arti Rear untuk memundurkan mobil. Dan untuk angka 1 dan 2 biasanya digunakan saat untuk menanjak di jalan yang agak curam.

Sebelum memulai berkendara dan menyalakan mobil, pastikan posisi tuas ada di posisi P. jika sudah di posisi P, kamu bisa menyalakan mesin mobil. 

Injak Rem Sebelum Memindahkan Transmisi

Ketika mobil sudah menyala, pastikan kamu menginjak rem saat mau memindahkan gigi dari P ke D. Usahakan injak rem agak keras agar dan pastikan mobil tidak bergerak saat tuas transmisi sedang dipindahkan.

Pada beberapa mobil matic, mesin mobil tidak bisa dinyalakan jika pedal rem tidak diinjak. Penting juga untuk tahu cara menyalakan mesin mobil. 

Ketika posisi transmisi sudah di D dan siap berjalan, pastikan kamu sudah melepas rem parkir. Jangan sampai rem parkir belum dilepas saat mobil berjalan. Karena hal tersebut dapat merusak rem parkir jika dibiarkan.

Fokus Jangan Sampai Salah Injak

Ketika mobil sudah berjalan, sangat penting untuk fokus ke pedal rem dan gas khususnya buat mereka yang pemula. Karena banyak kasus kecelakaan orang salah menginjak pedal. Seharusnya mereka menginjak pedal rem tetapi yang diinjak malah pedal gas. 

Maka dari itu penting sekali untuk fokus saat sedang mengendarai mobil matic. Karena jika salah menginjak pedal mobil bukannya berhenti malah bisa terus melaju. 

Jangan Panik

Kesalahan yang biasanya dialami pengemudi mobil matic pemula adalah panik. Biasanya mereka panik saat mobil di depannya berhenti mendadak. Seperti poin di atas, penting sekali untuk fokus saat sedang menyetir mobil matic.

Usahakan tetap tenang dan jangan panik. Begitu juga saat salah menginjak pedal rem dan gas. Jangan panik, tetap tenang dan konsentrasi. Memang untuk bisa mengendarai mobil sampai luwes butuh jam terbang yang tinggi. 

Akan bisa karena terbiasa, pepatah tersebut benar adanya. Tetap percaya diri dan fokus merupakan kunci dari menyetir mobil baik manual ataupun matic. Nah, cara di atas merupakan cara menyetir mobil matic yang benar. Kalau sudah begini, kamu bisa sering-sering menyetir agar cepat terbiasa dan semakin lancar. Selamat mencoba.

Temukan pilihan mobil matic di Listing Cartalog