Nama DFSK bagi masyarakat Indonesia beberapa tahun belakangan memang jarang terdengar. Sebenarnya DFSK merupakan merek otomotif asal China yang mencoba peruntungan di Indonesia lewat beberapa produk unggulannya, seperti DFSK Glory 560.

DFSK sendiri memiliki kepanjangan dari nama Dongfeng Sokon. Di Indonesia, perusahaan ini berdiri atas nama PT Sokonindo Automobile. Perusahaan ini bisa dibilang cukup ambisius dalam meramaikan dunia otomotif Tanah Air.

Perusahaan joint venture antara Sokon Group Company Limited asal Hongkong dengan PT Kaisar Motorindo Industri ini fokus mengisi segmen low SUV di Indonesia. Mereka mengklaim jika dengan bermain SUV dianggap cocok dengan karakter dan kondisi pasar di Indonesia.

Kehadiran DFSK dimulai dengan meluncurkan sebuah SUV bernama Glory 560. DFSK Glory 560 dijual di Indonesia dengan harga Rp202 jutaan sampai Rp252 jutaan.

Harga, Tipe, dan Warna DFSK Glory 560

Di Indonesia, DFSK menjual Glory 560 dalam beberapa varian. Berikut harga lengkap beserta varian yang dijual di Indonesia. 

TipeHargaInfo
Type B 1.5 MTRp202,5 juta(chat kami untuk ketersediaan mobil)
Type C 1.5 MTRp232,5 juta(chat kami untuk ketersediaan mobil)
Type L 1.5 MTRp242,5 juta(chat kami untuk ketersediaan mobil)
Type L 1.5 CVTRp252,5 juta(chat kami untuk ketersediaan mobil)
Type L 1.8 CVTRp252,5 juta(chat kami untuk ketersediaan mobil)

*harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Kelima varian di atas merupakan varian yang dijual secara resmi oleh DFSK di Indonesia. Kelima varian tersebut ditawarkan dalam 4 pilihan warna. Yakni mulai dari Phantom Black, Glorious Metallic Red, Elegant White dan Champagne Silver.

Jika melihat spesifikasi DFSK Glory 560 di atas, rasanya mobil ini bisa dibilang cukup oke dari segi harga. Fitur yang diberikan tidak kalah dengan mobil seharga di atas Rp300 jutaan. 

Namun, DFSK memiliki tugas besar dan berat untuk meyakinkan konsumen di Indonesia. Maklum, masyarakat Indonesia masih belum memiliki kepercayaan yang baik pada merek asal China di Indonesia. 

Walaupun mereka saat ini memiliki pabrik dan jaringan diler yang cukup baik, tetapi tingkat kepercayaan masyarakat kami akui masih sangat kurang. Kalau bicara dari segi produk, mobil ini cukup oke walaupun materialnya bisa dibilang cukup biasa saja. 

Overview DFSK Glory 560

Buat kalian yang mau tahu lebih tentang mobil ini, simak dulu kelebihan dan kekurangan dari mobil yang jadi penantang Daihatsu Terios dan Toyota Rush. Simak sampai habis ya!

DFSK Glory 560 Body Samping

Spesifikasi Eksterior DFSK Glory 560

Secara dimensi bisa dibilang mobil ini ukurannya cukup kompak dan simpel. Panjangnya mencapai 4.515 mm dengan lebar 1.815 mm dan tinggi 1.735 mm. Ukurannya cukup proporsional untuk sebuah low SUV.

Apalagi kapasitas penumpangnya bisa memuat 7 orang. Mobil yang dibuat di pabrik Cikande, Tangerang, Banten ini tidak terlalu besar untuk dijadikan kendaraan harian di Ibukota.

Agar lebih proporsional, DFSK memasangkan pelek berukuran 17 inci yang dibalut ban 215/60. Paduan tersebut membuat tampilannya terlihat gagah dan tangguh. 

Desain Eksterior

Salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh tim DFSK adalah desain eksterior. Tampilan luar mobil ini benar-benar kental dengan mobil China. 

Desain ini bagi masyarakat Indonesia bisa dibilang kurang diterima. Maka dari itu, perlu butuh waktu bagi masyarakat Indonesia membiasakan diri dengan desain ini. Sebenarnya desain eksteriornya tidak terlalu jelek.

Di sekujur bodinya banyak lekuk tajam yang membuat mobil terlihat agresif dan sporty. Jujur saja, bagian depannya jadi bagian yang kami kurang suka secara desain. Lampu depannya sudah memakai proyektor dengan tambahan fog lamp di bagian bawah bumper.

Kalau dilihat sepintas, bagian samping dan belakangnya mirip Range Rover Evoque tapi ukurannya lebih kecil. Desain samping dan belakang sih oke, sayang bagian depannya menurut kami cukup jelek.

Interior Lumayan 

DFSK tahu betul bagaimana cara melawan Terios dan Rush yang punya penjualan bagus. Salah satunya dengan membuat mobil dengan interior yang lumayan oke. DFSK Glory 560 bisa dibilang punya desain interior yang cukup oke.

Joknya memakai bahan kulit sintetis dengan jahitan berwarna merah. Desain dasbornya juga terlihat mewah dan modern. Di bagian tengah dasbor terdapat head unit yang dibuat floating, sehingga memberi kesan sebagai SUV mewah.

Desain setir juga dibuat menggunakan konsep flat bottom ala-ala mobil sport. Setirnya juga sudah dilapis bahan kulit dengan jahitan berwarna merah. Yang cukup menarik adalah pelipatan kursi tengah yang bisa dibuat rata dengan jok baris ketiga. 

DFSK Glory 560 Interior

Fitur Cukup Lengkap

Modal yang diberikan DFSK pada Glory 560 ada di bagian fitur. Di bagian luar terdapat lampu projector, fog lamp, spion dengan lampu sein, roof rail di bagian atap dan antena shark fin. Untuk membuka pintu mobil ini sudah dibekali dengan kunci smart key dan keyless entry. Lalu masuk ke kabin untuk menyalakan mobil sudah menggunakan start/stop button. Instrumen clusternya juga memakai paduan digital serta analog.

Di bagian dasbor, terdapat head unit berukuran 8 inci. Head unit ini bisa digunakan untuk radio, USB, sambungan bluetooth, GPS dan tak lupa mirroring smartphone (Apple dan Android). Rem parkirnya juga sudah menggunakan elektronik yang terdapat di bagian bawah tuas transmisi.

Belum selesai sampai disitu, fitur keamanan dan keselamatannya juga cukup oke. Misalnya seperti dual airbag di bagian depan, hill start assist, electronic stability control, alarm dan immobilizer. 

Spesifikasi Mesin DFSK Glory 560

Lalu bagaimana dengan dapur pacunya? DFSK menawarkan Glory 560 dengan 2 pilihan mesin. Untuk mesin yang pertama, bersemayam mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder, turbocharger. Mesin ini punya tenaga 148 hp @5.600 rpm dengan torsi 230 Nm @1.800-4.000 rpm. 

Sedangkan untuk mesin kedua berkapasitas 1.798 cc, 4 silinder bertenaga 137 hp @6.000 rpm dengan torsi puncak 187 Nm @4.000 rpm. Tenaga tersebut tentunya disalurkan ke roda bagian depan dengan pilihan transmisi otomatis CVT dan manual 6 percepatan.

Walaupun hadir dalam 2 pilihan mesin yang berbeda, tetapi bagi sebagian masyarakat Indonesia masih banyak yang meragukan kualitasnya. Pihak DFSK pun memberikan garansi yang lumayan panjang. 

Garansi 7 Tahun 

Garansi yang diberikan tak tanggung-tanggung, mencapai 7 tahun atau setara 150 ribu kilometer. Garansi super panjang ini cuma bisa dinikmati oleh mereka pemilik DFSK Glory 560 dan Glory 580. Bagaimana, lumayan kan garansinya?

Garansi yang diberikan meliputi semua hal kerusakan yang terjadi pada bagian mesin, transmisi, kelistrikan dan bagian bodi yang disebabkan oleh kecacatan komponen dan kesalahan pemasangan dari pabrik. 

Nantinya komponen yang rusak akibat kesalahan pemasangan dari pabrik ini akan diganti secara cuma-cuma alias gratis. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir dengan kerusakan yang terjadi selama masa garansi. 

Kelebihan dan Kekurangan DFSK Glory 560

Kelebihan:

1. Harga baru terjangkau
2. Fitur lengkap
3. Masa garansi panjang

Kekurangan:

1. Desain kurang menarik
2. Materialnya biasa saja

Temukan mobil DFSK dari berbagai model di Listing Cartalog!