Tarif tol Jakarta Bandung mesti kamu perhatikan jika mau mengunjungi Kota Kembang.

Bepergian menggunakan mobil memang selalu mengasyikkan, apalagi bersama keluarga tercinta. Umumnya mereka yang sudah memiliki mobil bepergian keluar kota. Salah satu kota yang menjadi tujuan bagi warga Jakarta khususnya adalah kota Bandung, Jawa Barat.

Entah mengapa masih saja banyak orang Jakarta yang ingin bepergian ke Bandung. Seakan kota Bandung ini memiliki aura berbeda yang selalu membuat pendatangnya memiliki memori manis.

BACA JUGA:
>>> Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula, Dijamin Cepat Bisa

Untuk menuju kota ini, bisa dilakukan dengan 2 cara menggunakan mobil. Yaitu melewati jalan biasa dan melewati jalan tol. Di tahun 2021 tepatnya 17 Januari, ada pemberlakuan tarif tol baru untuk ruas tol Jakarta-Cikampek, tol Cipularang dan tol Padaleunyi.

Bagi mereka yang ingin melewati jalan tol, biaya tol juga wajib diperhatikan. Jangan sampai uang elektroniknya kurang dan menyusahkan pengendara mobil yang lain karena uang elektronik kamu habis.

Lalu, berapa tarif tol terbaru untuk Jakarta-Bandung di tahun 2021 ini? Kami akan coba memberikan hitungan tarif tol dari Jakarta untuk golongan 1. 

Tarif tol Jakarta Bandung 2021

Rute Tol – Golongan 1Harga
Jakarta – Bandung keluar PadalarangRp 63.000,-
Jakarta – Bandung keluar BarosRp 64.500,-
Jakarta – Bandung keluar PasteurRp 66.000,-
Jakarta – Bandung keluar Pasir KojaRp 67.000,-
Jakarta – Bandung keluar KopoRp 67.500,-
Jakarta – Bandung keluar Moh TohaRp 67.500,-
Jakarta – Bandung keluar Buah BatuRp 68.500,-
Jakarta – Bandung keluar CileunyiRp 72.500,-
Besaran biaya tersebut merupakan tarif tol yang harus dibayar jika kamu masuk dari gerbang Jakarta – Cikampek (Cawang-Cikampek). Sedangkan tarif tol yang berlaku di tol dalam kota berkisar Rp20.000.

Namun jika kamu masuk dari gerbang tol Cipularang (SS Sadang – SS Padalarang) mencapai Rp42.500. Lalu tarif tol Padaleunyi memiliki tarif antara Rp500 sampai Rp10.000 sesuai pintu tol keluar yang dipilih untuk masuk ke Bandung dari SS Padalarang.

Kenaikan Biaya Tol Jakarta Cikampek 2021

Sayangnya bagi mereka yang mau bepergian naik mobil, kenaikan tarif tol ini menjadi salah satu hal yang cukup menyebalkan. Hampir setiap tahun tol tersebut mengalami kenaikan.

Kenaikan ini berdasarkan keputusan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pihak PUPR memberlakukan tarif integrasi jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Layang) dan jalan tol Jakarta-Cikampek eksisting.

“Kami mengupayakan agar badan usaha jalan tol (BUJT) sebagai operator jalan tol untuk terus berkomitmen meningkatkan pelayanan,” kata Endra Atmawidjaja, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan PUPR.

Tarif Tol Jakarta Ciawi

Jalur kedua yang bisa dilalui untuk menuju Bandung adalah melewati jalur alternatif lewat kawasan Puncak, Jawa Barat. Kamu harus keluar di gerbang tol Ciawi dan lewat kawasan Puncak.

Untuk melewati jalan tol Jagorawi ini biaya yang dikeluarkan cenderung sangat jauh lebih murah. Karena kamu hanya perlu membayar Rp7.000 saja untuk keluar di gerbang tol Ciawi. Jika masuk dari tol Jakarta, kamu hanya perlu membayar di gerbang tol saja.

Sedangkan saat keluar di Ciawi, tarif tol yang berlaku hanya Rp7.000 saja. Tapi, jika melewati jalur Puncak sampai Padalarang ini usahakan kamu harus sangat pagi kalau mau melewati jalur ini.

Karena jika lebih dari jam 09.00 WIB pagi kamu bisa terkena sistem buka-tutup di Puncak. Usahakan kamu sudah melewati kawasan Puncak ini tidak lebih dari jam 08.00 WIB pagi. Berarti kamu setidaknya sudah melewati gerbang tol Ciawi di bawah 08.00 WIB pagi. 

Daripada terkena macet berjam-jam, ada baiknya kamu yang mau melewati jalur Puncak ini sudah pergi dari rumah sejak jam 06.00 WIB.

Kedua jalur tersebut merupakan dua jalur yang biasa digunakan untuk bepergian ke Bandung. Kalau mau cepat kamu bisa lewat tol, tetapi biayanya cukup mahal. Tetapi jika mau lebih murah, bisa lewat Puncak dan mengarah ke Padalarang. Tetapi kemacetannya tidak terduga-duga kalau kamu perginya kesiangan.

Sumber foto: Indonesia.go.id

Suka jalan-jalan bareng keluarga? Temukan pilihan mobilnya di Cartalog