Cara membersihkan mesin mobil sudah semestinya diketahui para pemilik agar kondisi kendaraan selalu terjaga.

Merawat kebersihan mobil bisa dibilang adalah sebuah keharusan. Baik itu eksterior maupun interior. Namun rata-rata para pemilik mobil hanya membersihkan bagian luar dan dalamnya saja.

Bagian ruang mesin ternyata kerap dilupakan. Padahal, membersihkan mesin mobil juga menjadi keharusan. Mesin yang bersih pertanda pemilik mobil tersebut cukup sayang dan perhatian kepada mobilnya. 

Sebab, mereka masih mau menyisakan waktu untuk melihat kondisi di balik kap mesin. Biasanya membersihkan mesin mobil menjadi hal yang sangat jarang dilakukan oleh pemilik mobil. 

BACA JUGA:
>>> Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula, Dijamin Cepat Bisa
>>> Manfaat Coating Mobil, Bukan Cuma Bikin Kinclong

Sebenarnya, ada cara mudah membersihkan mesin mobil yang benar. Baik itu mobil matic atau mobil manual, cara membersihkan ruang mesinnya masih sama. Kamu harus tahu bagian mana saja yang boleh terkena air dan yang tidak boleh terkena air. 

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Untuk itu sangat penting mengetahui cara membersihkan mesin mobil matic yang benar. Jangan sampai kamu salah penanganan dalam membersihkan ruang mesin. Bukan menjadi bersih, tetapi potensi korslet bisa datang saat kamu salah membersihkan.

Table of Content
1. Sediakan Lap yang Lembab
2. Tutupi Bagian Kelistrikan
3. Gunakan Pembersih Khusus
4. Gunakan Sikat Gigi dan Spons
5. Panaskan Mobil

1. Sediakan Lap yang Lembab

Lap Kanebo

Cara termudah yang pertama adalah sediakan lap yang agak basah atau lembab. Gunakan lap yang tidak terlalu basah untuk mengelap permukaan yang berdebu. Tahap pertama adalah membersihkan debu yang masuk akibat terbawa angin dari gril. 

Kotoran ini jika didiamkan akan menjadi kerak yang membandel dan sulit dihilangkan. Gunakan lap dan seka bagian-bagian perkabelannya terlebih dahulu. Sebab bagian perkabelan sebaiknya tidak boleh terkena air untuk menghindari korsleting.

Jangan lupa, bersihkan mobilnya dalam kondisi mesin mati dan dingin ya. Karena jika dalam kondisi panas ketika di lap nanti akan menjadi noda yang sulit dihilangkan. 

2. Tutupi Bagian Kelistrikan

Soket-soket, relay, kabel dan bagian kelistrikan yang menurut kalian rentan sebaiknya ditutup dengan plastik. Jangan lupa tutup bagian kepala aki jika ingin dibersihkan dengan air. Sebab kepala aki yang basah bisa menjadi sumber korsleting yang kerap diabaikan.

Ketika sudah ditutup dengan plastik, usahakan jangan disemprot air secara langsung dengan tekanan yang tinggi. Jika ingin dibersihkan dengan air sebaiknya gunakan selang dengan tekanan yang kecil saja untuk menghindari potensi korslet.

3. Gunakan Pembersih Khusus

Engine Degreaser

Alat pembersih ruang mesin biasanya bernama engine degreaser. Cairan ini banyak dijual di pasaran atau bisa membelinya secara online. Tidak perlu harus spesifik merek, tetapi jika namanya engine degreaser sudah pasti bisa digunakan untuk membersihkan ruang mesin.

Saat membersihkan memakai engine degreaser, selanjutnya bisa gunakan air. Bagian yang sudah dibersihkan dengan degreaser langsung diseka dengan air mengalir agar kotoran langsung terjatuh. Pembersih ini cukup ampuh membersihkan kerak-kerak yang membandel. 

4. Gunakan Sikat Gigi dan Spons

Alat yang digunakan saat membersihkan ruang mesin bisa memakai sikat gigi atau busa spons. Kedua alat ini pasti digunakan oleh mereka yang ingin membersihkan ruang mesin. Bahkan salon ternama pun terkadang masih mengandalkan sikat gigi dan kuas panjang untuk menjangkau sela-sela mesin.

Bagian sela-sela mesin jadi bagian yang paling sulit. Karena ruangannya sempit, sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Bersihkan secara merata hingga seluruh mesin terlihat cukup bersih keraknya terangkat.

5. Panaskan Mobil

Saat semua bagian mesin mobil sudah terasa bersih, kamu bisa memulai menyalakan mesin. Jangan lupa ya untuk melepas plastik yang digunakan untuk menutupi komponen yang rawan korslet tadi. 

Cara Membersihkan Mesin Mobil Matic
Cara Membersihkan Mesin Mobil Matic

Setelah dirasa siap, kamu bisa memanaskan mesin hingga mencapai temperatur ideal. Biasanya kerak juga akan menghilang saat mesin dipanaskan. Efek degreaser juga bakal bekerja sedikit saat uap panas dari mesin mulai naik. 

Bagaimana, mudah kan cara membersihkan mesin mobil matic sendiri? Biasanya sih kalau ruang mesin sudah bersih, kamu jadi malas mau memakainya kemana-mana. 

Temukan mobil bekas dengan kondisi bersih terawat di Cartalog!