Kami setuju jika menyebut Nissan Magnite sebagai mobil kecil yang kaya fitur. Sebab memang mobil yang mengisi segmen crossover ini dibekali dengan fitur yang cukup lengkap.

Namanya memang kurang terdengar, tetapi sebenarnya mobil ini cukup layak untuk diboyong. Dari segi harga, bisa dibilang Nissan Magnite ini cukup murah. Sebab harganya tak lebih dari Rp240 jutaan.

Dimensinya pun cukup kompak, sehingga dirasa cocok untuk keluarga muda yang suka berpetualang dengan mobil. Tak heran jika Magnite ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi mereka yang mengincar mobil ala SUV. Lantas, apa menariknya dari mobil ini?

Table of Content
Spesifikasi
Eksterior
Interior
Mesin
Suspensi
Fitur
Harga

BACA JUGA:
>>> Studi Nissan: Konsumen Kian Melirik Mobil Listrik
>>> DFSK Glory 560: Review dan Spesifikasi

Spesifikasi-Nissan-Magnite

Nissan Magnite Spesifikasi

Ini menjadi salah satu bagian yang cukup kami suka. Dimensi Nissan Magnite bisa dibilang sangatlah kompak. Bahkan tidak terlalu besar untuk ukuran sebuah crossover. Panjangnya mencapai 3.994 mm, lebar 1.758 mm dan tinggi 1.572 mm. 

Dimensi Nissan MagniteHarga
Panjang3.994 mm
Lebar1.758 mm
Tinggi1.572 mm
Radius putar5 meter
Ground clearance186 mm

Jarak terendahnya dengan tanah mencapai 186 mm, yang artinya cukup oke lah untuk melibas berbagai medan. Sedangkan radius putarnya mencapai 5 meter untuk berbelok di tikungan tajam model U. 

Eksterior Lumayan Sporty

Bagian eksteriornya menurut kami punya tampilan yang cukup sporty. Hanya saja cukup disayangkan karena tampilannya serasa Datsun Go yang dibuat naik kelas. Jika dilihat sepintas aura Datsun Go masih cukup terasa dan terlihat pada Magnite ini.

Bagian depannya menggunakan gril besar dengan motif bergelombang yang disertai logo Nissan baru. Lampu depannya dibuat menyipit dan kerennya lampunya sudah memakai LED dengan DRL yang juga LED. 

Di bagian bawah terdapat lampu senja yang juga sudah memakai LED. Lampu senja ini terlihat seperti model huruf L dan J di sebelah kiri dan kanan bawah bumper. Lalu masih ada fog lamp yang dibuat tersembunyi di dekat lips bumper depan.

Overall, tampilannya cukup modern dan stylish berbeda dengan Datsun Go yang tampilannya cukup payah. Di sisi samping, Nissan membubuhi over fender berbahan plastik hitam doff yang dibuat rata dengan bodi. 

Kaca spion juga sudah disertai dengan lampu sein. Di bagian bodi samping terdapat lekuk tajam serta adanya side moulding dengan paduan krom dan hitam doff. Handlenya juga sudah dilapis krom untuk memperkuat kesan mewah.

Di bagian belakang, desainnya cukup bagus. Sayangnya, lampu belakang tidak dilengkapi dengan LED tetapi masih memakai lampu bohlam. Meski begitu desainnya terlihat seperti mobil mewah. 

Bumper belakangnya di bagian bawah terdapat paduan warna silver dan hitam doff. Logo Magnite terpasang dengan gagah di bagian tengah pintu. Dan sebagai penuntas, tersedia opsi pilihan warna bodi two-tone, yaitu merah hitam atau putih hitam. Di luar warna itu, maka tersedia pilihan warna single tone yang tak kalah menarik.

Interior Nissan Magnite

Desain Interior

Ketika masuk ke dalam kabin, aura sporty pada Nissan Magnite cukup terasa. Walaupun bagi orang awam desain ini bisa dibilang sedikit norak. Tapi menurut kami rasanya desain interior seperti ini cukup oke untuk mobil seharga Rp200 jutaan.

Hal pertama yang cukup menarik perhatian adalah layar head unit berukuran 8 inci. Head unit ini enaknya lagi bisa digunakan untuk Apple Car Play dan Android Auto. Lalu hal lain yang menarik perhatian juga datang dari kisi AC yang dibuat mengadopsi desain hexagonal. 

Di bagian setir, Magnite sudah dibekali tombol pengaturan. Di sebelah kiri setir terdapat pengaturan untuk head unit, sedangkan di kanan diisi dengan pengaturan MID dan cruise control. 

Untuk mengaktifkan cruise control, anehnya tombol ini terdapat di bagian dasbor sebelah kanan setir. Tetapi untuk mengatur kecepatan cruise controlnya terdapat di setir sebelah kanan. Entah apa yang membuat Nissan membuat desain seperti ini.

Speedometer Nissan Magnite juga tak kalah aneh desainnya. Walaupun instrumen cluster ini sudah full digital layar TFT ukuran 7 inci, tetapi model RPM, indikator suhu dan indikator bahan bakar dibuat seperti indikator bar. 

Jika RPM naik, maka bar nya akan naik mengikuti bulatan yang ada di layar. Bagian ini menurut kami jadi salah satu bagian yang cukup aneh ya. Mungkin saja selera Magnite mengikuti selera orang India yang cukup nyentrik sepertinya.

Beralih ke dasbor bagian tengah. Di bagian tengah terdapat pengaturan untuk central lock, hazard, defogger yang dibuat seperti tombol piano. Di bawahnya masih ada pengaturan AC yang memakai model kenop putaran. 

Spesifikasi Mesin Nissan Magnite

Bagaimana performa mesinnya? Ini juga menjadi salah satu fitur yang cukup dibanggakan oleh Nissan. Pasalnya Magnite dibekali mesin dengan turbocharge. Kapasitas mesinnya 999 cc, 3 silinder, turbocharge.

Di atas kertas, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 98 hp @5.000 rpm dengan torsi 160 Nm @2.800-3.600 rpm. Mesin berkode HRA0 ini dipadukan dengan transmisi otomatis CVT dan manual 5 percepatan. Tenaga ini disalurkan ke roda bagian depan tentunya.

Kami beberapa waktu lalu pernah mendapatkan kesempatan mengendarai mobil ini. Hasilnya tenaganya cukup oke lah untuk ukuran mesin 1.000 cc dengan turbo. Untuk digunakan di Jakarta yang punya karakter stop n go, mesin ini terasa cukup oke lah.

Suspensi Nissan Magnite

Suspensi depan Nissan Magnite menggunakan MacPherson Strut dengan Lower Transverse Link. Lalu di bagian belakang memakai Twin tube telescopic shock. Di depan remnya sudah memakai disc, sedangkan di belakang masih memakai model tromol. 

Fitur Nissan Magnite

Fitur Nissan Magnite

Seperti yang ada di paragraf awal, fitur Magnite terbilang oke. Ia dibekali dengan fitur tire pressure monitoring, touchscreen head unit, cruise control, hill start assist, camera 360, vehicle dynamic control dan traction control system.

Lalu lampu depan sudah memakai LED dengan DRL yang juga sudah memakai LED. Ada juga speed sensing sensor, kamera mundur, automatic hazard on heavy braking, hydraulic brake assist, anti roll bar dan seatbelt reminder. 

Harga Nissan Magnite Indonesia

Harga Nissan Magnite Indonesia

Bagi kalian yang mau meminang Nissan Magnite, ada 3 varian yang ditawarkan untuk pasar Indonesia. Yang pertama adalah varian Upper 1.0 MT, Premium 1.0 MT dan Premium 1.0 CVT. Untuk harga Upper 1.0 MT dijual seharga Rp208,8 juta. Sedangkan Premium 1.0 MT dijual seharga Rp226,3 juta.

Dan untuk Premium 1.0 CVT dijual seharga Rp238,8 juta. Seluruhnya dijual dengan status on the road DKI Jakarta. Harga antar wilayah pastinya berbeda-beda menyesuaikan daerah tersebut. 

Harga Nissan Magnite 2021Harga
Upper 1.0 MT (chat kami untuk ketersediaan mobil) Rp 208,8 juta
Premium 1.0 MT (chat kami untuk ketersediaan mobil) Rp 226,3 juta
Premium 1.0 CVT (chat kami untuk ketersediaan mobil) Rp 238,8 juta

Bagi kamu yang suka dengan desain bodi ala SUV namun berdimensi kompak dan kaya fitur, Nissan Magnite boleh jadi pilihan yang tepat. Apalagi harganya juga cukup bersaing dengan mobil di kelasnya, rasanya sih harga yang diberikan Nissan cukup sepadan. Bagaimana menurut kamu?

Temukan mobil Nissan impianmu di Cartalog!