Tips memilih mobil untuk usaha – Dalam beberapa tahun belakangan, banyak orang yang memulai usaha menggunakan mobil. Cara ini dinilai cukup efektif dan efisien dibanding mereka menyewa sebuah ruko atau lahan.

Dengan menggunakan mobil, pelaku usaha ini dapat berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Tujuannya untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas lagi. Namun, harus diakui tidak semua mobil bisa dijadikan kendaraan untuk usaha. 

Ada beberapa poin yang wajib diperhatikan untuk mobil yang akan dijadikan kendaraan untuk usaha. Dibanding menyewa mobil, akan lebih murah jika membeli mobil untuk digunakan sendiri.

Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya pahami dulu beberapa tips dalam memilih mobil untuk usaha. Sebab tidak semua orang memikirkan beberapa poin berikut ini. 

BACA JUGA:
>>> Pelajari Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil untuk Balik Nama

Tips Memilih Mobil Untuk Usaha

Table of Content
Sesuaikan dengan Usaha yang Dijalankan
Harga dan Biaya Perawatan
Sesuaikan dengan Anggaran Anda
Ajak Teman Memeriksa Mobil

1. Sesuaikan dengan Usaha yang Dijalankan

Sebelum membeli mobil, ada baiknya sesuaikan mobil yang akan dibeli dengan usaha yang dijalankan. Sebab, setiap mobil memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya Anda memiliki usaha di bidang jasa pengantaran barang.

Maka mobil yang cocok dibeli adalah mobil dengan kabin yang luas atau bisa juga mobil pick up. Atau Anda ingin memulai usaha foodtruck, bisa memilih mobil dengan model blind van. Maka dari itu penting sekali menyesuaikan usaha Anda dengan mobil yang akan dibeli. 

Misalnya Anda bisa membeli Daihatsu Gran Max atau Daihatsu Luxio model blind van atau pick up. Keduanya menjadi salah satu mobil yang cocok untuk dijadikan kendaraan untuk usaha. 

Atau bisa juga membeli Suzuki Carry pick up atau minibus. Kedua mobil tersebut sangat cocok untuk dijadikan mobil pekerja. 

2. Harga dan Biaya Perawatan

Mobil peruntukkan usaha sejatinya harus memiliki harga dan biaya perawatan yang sangat murah. Entah itu harga barunya, harga spare part atau bisa juga biaya servis berkala yang murah. 

Bagi pengusaha, setiap pengeluaran harus dihitung dengan matang agar tidak terlalu merugi. Oleh karena itu, penting sekali mencari mobil yang serba murah dan irit dalam segala hal. Biaya pajak kendaraan juga wajib diperhitungkan.

Jangan sampai membeli mobil yang konsumsi bbmnya boros, spare part mahal, biaya servis mahal lalu pajaknya juga mahal. Bukannya untung tetapi bisa malah boncos pengeluarannya hanya untuk mengurusi mobil saja. 

3. Sesuaikan dengan Anggaran Anda

Setelah sudah memiliki gambaran mengenai mobil yang mau dibeli, tinggal menentukan keuangan. Pastikan Anda membeli mobil yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan sampai membeli mobil yang jauh melebihi kemampuan beli Anda. 

Ingat, ini merupakan mobil yang bakal digunakan untuk bekerja. Sehingga tampilan bukanlah hal yang utama tetapi kemampuan bekerja inilah yang menjadi prioritas. Lupakan gengsi, yang penting usaha Anda bisa berjalan.

Jika merasa tidak mampu membeli mobil baru, Anda masih bisa membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas untuk usaha bisa dibilang sangat worth it to buy. Sebab harga mobil bekas yang biasanya dijadikan mobil usaha ini terbilang cukup jatuh. 

Akan lebih murah membeli mobil untuk usaha dalam keadaan bekas. Jika ingin membeli mobil bekas, pastikan kamu memilih mobil dengan dalam kondisi yang baik sebelum benar-benar dibeli. 

4. Ajak Teman Memeriksa Mobil

Jika merasa kurang paham tentang mobil, ajaklah teman Anda untuk memeriksa mobil yang akan dibeli. Dalam hal ini konteksnya adalah membeli mobil bekas, ya. 

Karena jika membeli mobil baru Anda tak perlu repot memeriksa. Semua komponen yang ada di dalam mobil masih dalam masa garansi dan yang pasti kondisinya masih sangat baru. Sehingga sangat aman jika membeli mobil baru. 

Namun jika membeli mobil bekas, Anda wajib memeriksa seluruh bagian pada mobil. Mulai dari mesin, kaki-kaki, suspensi dan pajaknya usahakan tidak mati. 

Nah, itu tadi merupakan tips membeli mobil untuk usaha yang wajib Anda perhatikan. Sebisa mungkin perhatikan kualitas dan sesuaikan dengan anggaran yang ada di Anda. Jangan sampai membeli mobil yang menyusahkan Anda dari segi apapun. 

Karena dalam prinsip usaha pengeluaran tidak boleh lebih besar dari pemasukkan. Selamat berburu mobil yang cocok untuk usaha Anda ya!

Cari mobilnya sekarang juga di Cartalog!