Nama Kia dalam 2 tahun belakangan cukup menjadi perbincangan di Indonesia. Sebab di Indonesia Kia tak lagi dipandang sebelah mata. Lewat produk-produk terbaru, Kia mencoba menggoda masyarakat Indonesia dengan mobil yang berkualitas.

Tak hanya itu saja, fitur dan harga yang diberikan bisa dibilang di atas rata-rata. Salah satu mobil terbarunya adalah Kia Sonet 7 Seater yang baru saja diluncurkan. PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku APM Kia di Indonesia meluncurkan Sonet 7 Seater dengan 5 varian. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp199 jutaan sampai Rp296 jutaan. Ini artinya mobil tersebut tak sampai lebih dari Rp300 jutaan.

Ada 5 varian yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Mulai dari tipe Standard 7 MT, Smart 7 MT, Smart 7 iVT, Sonet Dynamic 7 iVT dan Sonet Premiere 7 iVT. Selain itu, mobil ini punya 6 pilihan warna. Yaitu Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl, dan Beige Gold.

Dimensi Sama

Walaupun punya kapasitas 7 penumpang dengan penambahan jok di baris ketiga, tetapi dimensinya tak berubah. Sonet 7 Seater dengan Sonet yang sudah ada sebelumnya benar-benar memiliki dimensi yang sama.

Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT KIA mengaku kehadiran Sonet di Tanah Air sebagai salah satu jawaban dari kebutuhan masyarkat. “Segmen di Indonesia ini didominasi oleh LMPV. Kita lihat juga pergerakan konsumen dari LMPV ke Crossover dan LSUV ini cukup besar. Sehingga ini menjadi alasan kita merilis Kia Sonet 7 Seater,” katanya saat peluncuran.

Di Indonesia Kia Sonet hadir dengan mesin berkapasitas 1.497 cc, 4 silinder, DOHC, Dual CVVT, Smartstream, Gamma II yang memiliki tenaga 115 hp serta torsi 144 Nm.Tenaga mesin kemudian disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan atau otomatis yang disebut Intelligent Variable Transmission (IVT).

Transmisi ini diklaim bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil jadi lebih baik. Sementara teknologi mesin Smartstream diklaim hadir dengan ubahan yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Mode berkendara yang disematkan pada mesin ini ada tiga; Eco, Normal, dan Sport. Ketiganya menjadi pilihan mode berkendara yang bisa menyesuaikan karakter pengemudi di jalanan.