Pajak mobil Toyota Fortuner – Bicara mengenai SUV, nama Toyota Fortuner tidak bisa dilupakan begitu saja. Di Indonesia Toyota Fortuner menjadi salah satu SUV yang paling populer selain Mitsubishi Pajero Sport. 

SUV berbasis ladder frame tersebut selalu dianggap sebagai salah satu mobil idaman. Ground clearance tinggi, desain oke dan kapasitas penumpangnya banyak. Alasan tersebut biasanya menjadi alasan utama masyarakat Indonesia membeli SUV yang satu ini. 

Namun, bagi sebagian orang masalah pajak menjadi fokus utama sebelum membeli mobil. Pajak mobil Toyota Fortuner ini diketahui kabarnya memang cukup mahal. Namun tidak semua orang tahu dengan angka kisaran pajak tersebut. 

Seperti diketahui, pajak kendaraan bermotor di Indonesia wajib dibayarkan oleh setiap pemilik. Jika tidak dibayar, kendaraan tersebut bisa dibilang akan menjadi kendaraan bodong yang dianggap tidak sah melintas di jalan raya. 

Untuk mengetahui besaran pajak, pemilik bisa menggunakan 2 cara. Cara pertama adalah mendatangi Samsat. Cara kedua adalah bertanya kepada pengguna tentang besaran pajaknya ini. 

BACA JUGA:
>>> Review Spesifikasi Toyota Kijang Innova Limited 50 Tahun
>>> DFSK Glory 560: Review dan Spesifikasi

Pajak Mobil Toyota Fortuner

Namun wajib diingat, besaran pajak kendaraan antar daerah dan wilayah berbeda-beda. Semuanya berdasarkan Pemerintah Provinsi di wilayah tersebut. Misalnya, pajak antara Jakarta Selatan dan Jakarta Timur bisa berbeda. 

Bagi mereka yang mau membeli, ada cara penghitungan yang bisa digunakan untuk mengetahui besaran pajak mobil Toyota Fortuner. Berdasarkan undang-undang, besaran pajak untuk mobil tersebut mencapai 1,5% untuk wilayah luar Jakarta. Ini artinya, kisaran pajak mobil Toyota Fortuner berada di kisaran Rp2 jutaan sampai Rp8 jutaan tergantung pemilik. 

Kenapa tergantung pemilik? Sebab, saat ini diberlakukan pengenaan denda kepemilikan mobil yang lebih dari 1 unit. Denda tersebut disebut sebagai denda progresif. Semakin banyak mobil yang dimiliki, semakin besar progresif yang didapatkan. 

Pajak Mobil Toyota Fortuner

Kisaran Pajak Toyota Fortuner

Di atas sudah disebutkan sedikit tentang kisaran pajaknya yang ada di Rp2 jutaan sampai Rp8 jutaan. Angka tersebut sebenarnya masih merupakan angka kasar. Tetapi setidaknya kalian menjadi lebih tahu mengenai kisaran angkanya sebelum membeli mobilnya. 

Mobil Tahun Kisaran pajak
Tipe G 4X2 MT2020 Rp5,5 jutaan
Tipe G 4X2 AT2020 Rp5,7 jutaan
VRZ 4X2 AT2020Rp6,1 jutaan
SRZ 4X2 AT2020Rp6,4 jutaan
G 4X4 AT2020Rp6,9 jutaan
VRZ 4X4 AT2020Rp7,8 jutaan

Kisaran pajak tersebut merupakan kisaran pajak mobil Toyota Fortuner yang ada untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Dan wajib diingat, kisaran tersebut adalah untuk mobil dengan produksi di tahun 2020. 

Biaya pajak tersebut nantinya akan semakin besar jika pemilik mobil tidak membayarkan pajaknya. Denda pajak yang tidak dibayarkan biasanya berkisar sebesar 25% dari pajak kendaraan bermotor (PKB) dan sumbangan wajib kendaraan bermotor (SWDKLLJ) yang mencapai Rp100 ribu setahunnya. 

Cara Membayar Pajak Mobil

Mungkin bagi sebagian orang membayar pajak kendaraan dianggap sulit. Padahal sebenarnya sangatlah mudah. Ada beberapa syarat yang wajib dibawa pada saat mau membayar pajak kendaraan. 

Syarat bayar pajak;

STNK asli
KTP asli sesuai dengan STNK
Surat kuasa jika orang lain yang mengurus
NPWP perusahaan, SIUP dan TDP jika kendaraan perusahaan
Uang sesuai tagihan 
BPKB asli atau fotokopi

Syarat tersebut merupakan syarat yang wajib dibawa oleh pemilik untuk membayar pajak tahunan. Membayar pajak tahunan bisa mendatangi gerai Samsat dimana saja. Misalnya gerai yang ada di mall, gerai Samsat keliling dan mendatangi Samsat terdekat. 

Ambil Formulir

Setelah menyiapkan berkas, kamu hanya perlu mendatangi Samsat dan mengambil formulir pembayaran pajak. Isi formulir yang sudah diambil dengan lengkap dan jelas. Nanti formulir tersebut akan diserahkan kembali bersama syarat yang dibawa kepada petugas untuk disiapkan. 

Saat sedang menunggu, usahakan jangan memakai headphone atau headset ya. Sebab panggilan tidak akan terdengar dan kamu bisa menunggu lebih lama lagi. Makanya dengarkan baik-baik agar tidak terlewat panggilan dari petugasnya.

Ketika sudah dipanggil, kamu selanjutnya bisa membayar tagihan yang sudah ada. Siapkan uang cash, sebab pembayaran tidak bisa menggunakan alat EDC atau apapun. Terkadang hal ini yang membuat sebagian orang agak sedikit kesal. 

Di zaman modern ini seharusnya pihak Samsat sudah bisa menyediakan pembayaran elektronik. Tujuannya jelas bisa mempermudah orang untuk melakukan pembayaran pajak dibanding harus menyiapkan uang cash dan dibawa-bawa ke Samsat.

Pajak Mobil Toyota Fortuner Ternyata Bisa Bikin Shock

Alasan Mengapa Orang Membeli Fortuner

Punya Wireless Charge

Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat orang menyukai Toyota Fortuner. Walaupun harga barunya cukup mahal, tetapi masih banyak saja orang yang mau membeli mobil ini. Biasanya kalangan berduit yang masih mau membeli Fortuner dalam kondisi baru.

Salah satu alasannya adalah fitur wireless charge. Sayangnya fitur canggih ini tidak bisa ditemui di semua varian Fortuner yang dijual di Indonesia. Fitur wireless charger ini baru ada di tipe TRD, 4X4, dan VRZ aja. Buat sebagian orang fitur ini dianggap jadi salah satu fitur yang berguna banget buat ngecas smartphone sambil berkendara.

Ada Voice Command dan NFC

Fortuner generasi baru ini sekarang bisa melakukan perintah lewat suara (voice comman) yang terdapat pada head unit terbarunya yang punya ukuran 9 inci layar sentuh. Ada juga smart phone connection buat pendukung mobilitas si pengendara itu sendiri. 

Asiknya lagi, head unit mobil Toyota Fortuner 2020 ini sekarang sudah dibekali dengan Near Field Communication (NFC) yang berguna banget buat cek isi saldo dari kartu uang elektronik.

Punya A-TRC, Apa Itu?

Apa sih A-TRC?

A-TRC merupakan fitur dengan kepanjangan nama Automatic Traction Control yang fungsinya bisa membantu menjaga grip saat ban belakang kehilangan traksi. Enaknya, fitur ini sudah tersedia di semua tipe mobil Fortuner 2020 yang dijual di Indonesia.

Jadi mau membeli tipe terbawah atau tertingginya sudah dibekali fitur ini. Malu dong sebagai sebuah SUV dengan harga mahal masa tidak dibekali dengan fitur kontrol traksi seperti ini. Bukan SUV modern namanya kalau traksinya tidak bisa dikontrol.

Hal terakhir yang wajib kamu tahu adalah fitur mumpuni lainnya di mobil ini. Toyota Fortuner 2020 punya beberapa fitur “ajib”. Misalnya surround monitor yang dilengkapi blind spot detection, moving object detection, lane departure warning, dan headway monitoring warning.

Sayangnya lagi, fitur ini baru bisa dinikmati oleh mereka yang membeli Fortuner tipe TRD, 4X4, dan VRZ. Tipe di bawah itu terpaksa harus down spec.

Ada juga rear seat entertainment atau layar yang dipasang di bagian plafon. Layar ini bisa digunakan untuk menyetel video dari head unit, mirip-mirip punyanya Innova. Layar ini juga cuma tersedia di tipe TRD, VRZ, dan SRZ saja. Sedangkan tipe G belum dapat layar ini. Fitur lain yang ajib adalah spion tengah yang sudah elektrokromatik.

Pengendara yang silau dengan lampu mobil dari arah belakang cukup menekan tombol yang ada di kaca spion tengah aja. Nanti secara otomatis spion ini bakalan mengurangi intensitas cahaya. Enaknya, fitur ini sudah ada di semua tipe Fortuner yang dijual.

Setelah mengetahui pajak mobil Toyota Fortuner dan cara membayar pajak tahunan, setidaknya kamu jadi lebih tahu dengan besaran angkanya kan. Jika sudah tahu, tinggal sesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing ya!

>>> Cari Toyota Fortuner baru dan bekas di Listing Cartalog!