Spesifikasi Toyota Kijang Innova Limited 50 Tahun – Siapa tak kenal dengan Toyota Kijang Innova. Mobil satu ini bisa dibilang menjadi salah satu ikon mobil keluarga di Indonesia. Hampir setiap keluarga mapan di Indonesia pasti memiliki Kijang Innova di garasinya. 

Di tahun 2021 ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Kijang Innova edisi spesial. Edisi spesial tersebut merupakan edisi perayaan hadirnya Toyota selama 50 tahun di Tanah Air sejak 12 April 1971. 

Untuk merayakan usia Toyota di Indonesia yang sudah setengah abad ini, mereka merilis Innova edisi terbatas. Bagi sebagian orang jelas hal ini terlihat biasa saja. Namun perlu diketahui, Innova edisi terbatas tersebut sebenarnya cukup langka kedepannya. 

Review Spesifikasi Toyota Kijang Innova Limited 50 Tahun

Dibuat Hanya 50 Unit

Alasan pertama yang membuatnya langka kedepannya adalah jumlah. Toyota hanya menyiapkan edisi spesial ini sebanyak 50 unit saja. 50 unit merupakan simbol dari perayaan 50 tahun Toyota di Indonesia. 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya juga nih, kenapa sih harus Innova? Kenapa enggak model lain saja ya yang dibuat edisi terbatas? Ini ada alasannya juga ternyata. Alasannya adalah Innova dianggap sebagai mobil sukses hasil karya anak bangsa. 

Kijang menjadi mobil yang cukup melekat bagi masyarakat Indonesia. Peluncuran 50 unit Kijang Innova Limited Edition ini merupakan bagian dari simbol komitmen Toyota untuk selalu mengedepankan semangat tumbuh bersama dengan masyarakat Indonesia.

“Kijang edisi terbatas 50 tahun Toyota Indonesia ini diharapkan bisa menumbuhkan semangat anak bangsa mempunyai potensi yang sangat besar. Semangat ini harus selalu ada dan menghasilkan karya di setiap kesempatan,” ujar Henry Tanoto, Vice President PT TAM ketika peluncuran.

Sebelum membahasnya lebih dalam, ada baiknya mengetahui varian yang ditawarkan. Walaupun dijual dalam jumlah terbatas, tetapi varian yang ditawarkan terdiri dari 2. Yakni tipe V Luxury bermesin bensin dan tipe Venturer dengan mesin Diesel yang cukup menjadi favorit.

Review Spesifikasi Toyota Kijang Innova Limited 50 Tahun

Eksterior Toyota Kijang Innova Limited 50 Tahun

Jika melihat secara kasat mata, di bagian eksteriornya yang cukup mencolok adalah adanya stiker. Toyota memasangkan livery atau stiker di bagian bodi samping dengan paduan warna emas dan silver. 

Stiker ini dipasang di sisi samping sejak bagian bawah kap mesin hingga menuju pilar D bagian belakang. Stiker ini menjadi simbol yang melambangkan 50 tahun dari Toyota. Lalu ada juga perbedaan di bagian pelek.

Peleknya menggunakan desain yang berbeda dengan Kijang tipe V Luxury biasa dan Venturer pada umumnya. Desainnya lebih sporty dengan menggunakan warna silver ke-abu-abuan yang semakin menambah kesan elegan pada mobil 7 penumpang tersebut.

Lalu di bagian bumper depan, housing fog lampnya dibubuhi warna hitam dof. Selebihnya secara tampilan eksterior sama persis dengan Innova tipe V Luxury maupun Venturer yang menjadi basic utamanya.

Interior Toyota Kijang Innova Limited 50 Tahun

Selain tampak luar, ternyata bagian dalamnya punya banyak perbedaan. Salah satunya saat kalian membuka pintu untuk memasuki kabin. Di bagian dasbornya kini menggunakan aksen kayu berkelir kecoklatan. Wood panel berwarna coklat ini justru semakin mempertegas kesan elegan pada Innova edisi terbatas ini.

Untuk di varian Venturer edisi spesial, warna aksen kayunya juga berbeda. Pada Venturer memakai aksen kayu berkelir lebih kehitaman atau lebih gelap dibanding panel kayu biasanya. Bagian jok sama seperti Innova lainnya, hanya saja warnanya berbeda. Joknya memakai warna yang disebut noble brown atau kecoklatan. Namun, pada joknya dibubuhi logo 50 tahun yang berupa bordiran. Makin jelas kan perbedaannya di bagian dalam?

Perbedaan lain yang bisa ditemui adalah soal audionya. Kini Toyota memasangkan audio lansiran JBL untuk meningkatkan kualitas suara dari Innova edisi terbatas ini. Audio ini juga sudah mendapat sentuhan tune yang tepat, sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Interior - Kijang Innova Limited Edition

Mesin Sama

Perbedaan yang kentara hanya terlihat di bagian eksterior dan interior. Selebihnya sama persis dengan Innova yang sudah ada baik bermesin bensin maupun Diesel. Dari segi transmisi, mesin, aksesoris semuanya sama persis. 

Head unitnya pun juga sama persis, alias tidak memiliki perbedaan. Jadi, kalian yang mau membeli edisi spesial ini jangan berharap lebih jika performa mesinnya dianggap lebih kencang. Hanya tampilan dan beberapa fiturnya saja yang berbeda.

Harga Berbeda

Bagaimana dengan harganya? Ini juga menjadi salah satu yang menjadi pembeda. Kedua mobil edisi terbatas ini dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding V Luxury maupun Venturer yang biasa.

Untuk tipe V Luxury bermesin bensin ini dijual dengan harga Rp404,5 juta. Lalu untuk Venturer bermesin Diesel dijual dengan kisaran harga Rp482,7 juta. Namun bagi kalian yang mau membeli sebaiknya gigit jari saja ya.

Sebab, seluruh mobil tersebut sudah ludes terjual hanya dalam waktu sekejap. Pihak Toyota mengklaim seluruh edisi spesial ini sudah terjual dan di booking hanya dalam waktu yang sangat singkat, mencapai 1 jam saja setelah peluncuran.

“Responsnya sangat baik, dan bahkan ini sangat diluar dugaan kami jika mobilnya bisa langsung ludes dalam hitungan jam saja setelah dirilis,” sambung Anton Jimi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM kepada kami ketika dihubungi secara langsung.

Dirinya pun menghaturkan rasa terima kasih atas antusiasme dari pelanggan dan sekaligus meminta maaf kepada peminat yang gagal mendapatkan Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary. Anton juga menegaskan pihaknya tidak akan memproduksi lagi model seperti ini meski banyak sekali penggemarnya.

Penyerahan Satu Bulan Kemudian

Walaupun langsung ludes, tetapi para konsumen ini tidak serta merta bisa langsung menikmati mobil tersebut. Sebab mereka harus menunggu hingga 1 bulan lamanya untuk bisa mendapatkan unit tersebut.

Pihak TAM mengaku hal ini dirasa cukup wajar. Namun untuk konsumen yang sudah melakukan pembayaran, bisa saja pengiriman unit tersebut bisa lebih cepat dari yang diperkirakan. 

Lalu mengenai penyebaran pembeli, Anton menyebut pembeli Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary tidak hanya dari satu wilayah saja. Hal itu lantaran Kijang Innova menjadi salah satu produk Toyota yang digemari masyarakat Indonesia.

“Saya rasa (pembelinya) bervariasi dari berbagai wilayah. Sekilas yang saya lihat ada yang dari Jakarta, Bandung, Jawa Timur, Sumatera, sampai Kalimantan. Kijang ini produk yang sangat nasional dan digemari oleh masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia,” sambung Anton.

Sekadar informasi, Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary yang diniagakan terdiri dari Innova 2.0 V A/T Luxury sebanyak 30 unit dan Innova Venturer 2.4 A/T sebanyak 20 unit.

Jika melihat spesifikasi Toyota Kijang Innova Limited Edition 50th Anniversary di atas, kira-kira worth it untuk dibeli tidak ya? Melihat harganya jauh lebih mahal dan ubahannya hanya sedikit. Namun, jumlah produksinya cukup terbatas. Gimana nih menurut kamu?

>>> Suka mobil-mobil Toyota? Yuk temukan pilihanmu di Cartalog