Mobil saat ini tidak hanya digunakan untuk mode transportasi saja, beberapa orang menjadikannya sebagai media investasi bahkan koleksi. Terdapat beberapa mobil termahal di dunia 2021 yang membuat banyak orang gempar dengan harga yang ditawarkan. Berikut adalah informasi mengenai mobil – mobil paling mewah tersebut. 

Ketahui Mobil Termahal di Dunia 2021 

Mobil yang mahal umumnya dibuat dengan jumlah yang terbatas, karena itu tidak semua orang bisa membelinya. Bahan pembuatan yang dipakai hingga tingkat keamanan yang tinggi juga membuat harga mobil berikut ini lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. 

Ferrari 250 GTO 

Mobil paling mahal saat ini adalah Ferrari 250 GTO, yang dibuat pada tahun 1963 oleh pabrikan Italia. Ferrari yang satu ini mendapatkan gelar sebagai mobil paling mahal sejagat dalam dua kelas yang berbeda. Di tahun 2018 lalu, harga mobil ini mencapai 70 juta dollar Amerika, atau lebih dari 1 triliun jika dirupiahkan. 

Tentu di tahun 2021 ini harganya sudah semakin melambung tinggi, mengingat kurs dollar yang juga terus naik setiap tahunnya. Pembeli yang rela merogoh dompetnya dalam dalam untuk mendapatkan mobil ini adalah David Macnell, yang merupakan kolektor mobil ternama di dunia. 

Mobil ini mahal bukan karena mesin yang dimiliki, apalagi ia dibuat di tahun 1963. Ferrari 250 GTO ini mahal karena sejarah yang dimiliki, mobil ini pernah menjuarai hampir 300 pertandingan mobil balap di seluruh dunia, dari Tour de France di tahun 1964 hingga pertandingan Le Mans. Sehingga kualitas dari mobil ini memang tidak main-main.

Selain mobil termahal di dunia 2021, dalam sebuah pelelangan mobil berbeda dari seri yang sama juga pernah mencatat harga yang fantastis di pelelangan, yakni 38 juta dollar Amerika. Angka tersebut tentu menjadikannya sebagai mobil paling mahal yang transaksinya dilakukan dengan metode lelang. 

Mobil Ferrari seri ini hanya dibuat sebanyak 36 produk saja di seluruh dunia. Mobil yang ditawarkan dalam lelang tersebut merupakan mobil ketiga dari 36 produk yang telah dibuat. Dengan nomor sais 3413 GT, mobil lelang tersebut menggunakan mesin asli, girboks dan rear axle yang sama persis ketika dibuat. 

Pagani Huayra Tricolore

Mobil mewah ini merupakan mobil yang harganya cukup tinggi di tahun 2021. Mobil ini hanya diproduksi 3 unit saja di seluruh dunia, membuatnya hanya bisa dibeli dengan harga yang fantastis, bahkan sekelas mobil langka sekalipun. Untuk satu unitnya, ia dijual dengan hara 6,5 juta dollar Amerika. 

Jika menggunakan kurs rupiah, maka harga satu unit mobil tersebut sekitar 92,2 miliar. Unit mobil ini dibuat untuk memperingati 60 tahun usia Frecce Tricolore, yang merupakan seorang tim patrol aerobatic dari Italia. Tidak hanya memiliki sisi visual yang keren, ia juga mengadopsi bentuk pesawat jet Freece Tricolori

Ada fitur unik yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan mobil termahal di dunia 2021 ini, yakni pitot tube. Pitit tube merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan udara, yang bisa Anda temukan dalam pesawat terbang. Anda akan menemukan alat unik tersebut di bagian kap depan mobil Pagani tersebut. 

Selain fitur unik yang disematkan padanya, mobil ini cukup mahal karena interior mobil yang dibuat ekslusif. Akses yang terdapat di dalamnya terbuat dari material alloy, yang kualitasnya setara dengan interior kendaraan aerospace. Dilengkapi dengan mesin V12 6,0 liter, ia bisa digunakan hingga mencapai transmisi 7 speed.

Mercedes Benz W196

Mobil balap yang digunakan untuk pertandingan Formula One ternyata juga bisa dikoleksi ke dalam garasi pribadi. Itulah yang menjadi nasib Mercedes Benz W196, yang tentunya hanya bisa didapatkan dengan harga yang cukup tinggi, meskipun untuk sekelas mobil balap.

Harga paling mahal yang disematkan dalam mobil unit ini adalah Mercedes Benz dengan nomor seri W196 yang dibuat pada tahun 1954. Harganya yang mahal tersebut dikarenakan sejarah yang melingkupinya, ia pernah dikendarai oleh Juan Manuel Fangio, yang merupakan juara dunia untuk pertandingan balap F1. 

Saat menjadi juara dunia, Fangio dikabarkan menggunakan seri Mercedes tersebut untuk mengalahkan semua lawannya di arena. Mobil ini mendapatkan pengakuan untuk harganya yang paling tinggi pada lelang Goodwood Festival di tahun 2013.  Saat itu ia dilelang dengan harga tawaran tertinggi 29,6 juta dollar Amerika. 

Apabila di rupiahkan, harga mobil tersebut mencapai 300 miliar, yang di tahun 2021 harganya tentu lebih tinggi lagi. Mengingat kurs dollar dan rupiah sama-sama naik selama beberapa tahun terakhir. 

Aston Martin DBR1

Mobil termahal di dunia 2021 lainnya adalah Aston Martin DBR1 yang dibuat oleh pabrikan Inggris. Umumnya memang pabrikan Italia yang lebih berpengalaman untuk membuat mobil mahal, namun Inggris pun pernah mencatatkan namanya karena membuat kendaraan paling mahal. 

Mobil Aston Martin dengan seri nomor DBR1 ini dibuat tahun 1956, yang pernah dijual dengan harga yang sangat tinggi, yakni 22,5 juta dollar AS. Seri yang dibuat pada tahun 1956 ini jika menggunakan kurs rupiah, bisa Anda tebus dengan uang sebesar 296 miliar rupiah. 

Sama seperti mobil balap pada umumnya, mobil ini mendapatkan predikat mobil paling mahal karena sejarang yang dimiliki. Ia pernah beberapa kali mengikuti pertandingan balap mobil, dari balap mobil lokal hingga internasional. Pembalap Inggris ternama, yakni Sir Strilling Moss juga pernah mengendarai mobil yang satu ini. 

Bugatti Chiron Pur Sport

Merupakan seri mobil mewah lain yang dijual dengan harga yang cukup fantastis. Untuk satu unitnya, ia dijual dengan harga 35,6 juta dollar Amerika, yang jika dirupiahkan setara dengan 575 miliar rupiah. Harga yang mahal tersebut karena jumlah unitnya yang terbatas, hanya enam puluh buah saja yang diproduksi oleh pabrikannya. 

Dengan jumlah yang sedikit tersebut, tentunya setiap mobil memiliki sentuhkan khasnya yang tidak ditemukan di mobil lain, membuatnya masuk dalam jajaran mobil yang langka. Selain kelangkaannya, mobil ini juga memiliki kecepatan yang tinggi, serta difokuskan dengan tampilan aerodinamis. 

Tampilan aerodinamis tidak hanya membuat mobil ini terlihat keren, namun juga lebih aman ketika digunakan untuk menikung. Sebagai hyper car masa kini, ia mengabaikan berbagai standar mobil balap mewah pada umumnya untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang jauh lebih baik. 

Baca Juga : Mobil 200 Jutaan Terbaik 2020 dan 2021, Pilih Bekas Bisa Dapat MPV Mewah

Mobil termahal di dunia 2021 dari Bugatti tidak hanya Chiron Sport saja, saudara kembarnya dengan model yang sama, yakni Super Sport 300+ juga memiliki harga yang cukup tinggi. Dibuat dengan jumlah terbatas, 30 unit saja di seluruh dunia, harga masing-masing unitnya dibanderol sekitar 3,5 juta dollar Amerika.

Itulah daftar mobil termahal di dunia 2021, harga mobil yang mahal tidak hanya karena jumlahnya yang terbatas di dunia. Namun juga sejarah yang melingkupi mobil tersebut.