Tidak selamanya sedan 4 pintu dianggap performa mesinnya kurang oke. Hal tersebut rasanya tak berlaku untuk BMW M5. BMW M5 merupakan sedan 4 pintu yang punya tenaga buas.

Bahkan para petrolhead di seluruh dunia setuju jika BMW M5 ini lebih cocok disebut sebagai supercar. Hanya saja, ia terperangkap di dalam sebuah tubuh sedan dengan 4 pintu. Di Indonesia, BMW M5 ini sendiri juga menjadi salah satu mobil buruan.

BACA JUGA ARTIKEL BMW LAINNYA:

  1. BMW X5: Review, Spesifikasi, Harga
  2. BMW X4: Review, Spesifikasi, Harga
  3. Review BMW Seri 3 2021, Sedan Stylish Idaman Pria Mapan
  4. Spesifikasi BMW X1 2021 dan Harga Terkini
  5. Harga Lengkap BMW X2 2021 dan Reviewnya
  6. BMW 520i M Sport Edition 75: Review, Spesifikasi, Harga
  7. Review BMW 320i: Harga, Eksterior, Interior, Mesin
  8. Baru Diluncurkan, Segini Harga SUV BMW X Terbaru 2021
  9. BMW Bestindo Bintaro 2021 Special Offer: Tukar Tambah Hingga Buyback Guarantee
  10. Ini Alasan yang Bikin BMW 320i Touring M Sport Istimewa
  11. Harga Sedan Mewah BMW M5 Edition 35 Years

Untuk kode bodinya sendiri, BMW seri 5 menggunakan kode bodi G30. Varian yang ditawarkan ada dalam 3 pilihan yakni 520i Luxury, 530i Luxury dan 530i Touring M Sport.

Eksterior BMW M5

Saat pertama kali melihat, satu poin yang cukup menarik perhatian adalah tampilan depan dari BMW M5. Di bagian depan versi terbaru memiliki ukuran gril yang lebih besar. Gril ini diberi bubuhan warna hitam glossy dengan paduan emblem M5. Seketika paduan ini benar-benar menggambarkan kesan sporty pada sedan satu ini.

Desain lampunya dibuat lebih dinamis dengan model yang sama seperti BMW 3 Series G20, namun dengan lekuk yang lebih simpel. Desain lampu ini sudah mengadopsi teknologi terkini yang disebut sebagai new laser dan dynamic laser matrix beam.

Di bumper depan bagian bawah, BMW M5 2021 ini sudah memiliki desain baru yang jauh lebih ekspresif dengan adanya penambahan lubang udara yang berjumlah 3 buah. Satu buah terletak di baigan tengah, sementara dua lainnya diposisikan di sisi kanan dan kiri.

Jika melihat sisi sampingnya, secara kasat mata ukuran BMW M5 2021 ini terlihat kompak dan seperti sedan pada umumnya. Lantas, apakah dimensinya benar-benar kompak? Panjangnya mencapai 4,9 meter dengan lebar dan tinggi masih sama seperti seri 5 di generasi sebelumnya. Ini artinya, BMW M5 generasi terbaru punya dimensi yang lebih panjang dibanding seri 5 sebelumnya.

Sama seperti generasi BMW seri 5 yang lainnya, bagian buritan BMW M5 ini lebih memberikan kesan aura yang sporty dan juga agresif. Profile fender yang lebar dan besar serta penggunaan pelek besar dengan profil ban tipis juga semakin menegaskan kesan sporty yang didapatkan oleh BMW M5.

Perubahan lainnya juga bisa dilihat di bagian lampu. Lampu depan dan belakangnya kini memakai desain baru yang cukup segar. Tetapi BMW masih menonjolkan desain 3 dimensi ala L-Shape yang menjadi ciri khas BMW. Tak lupa juga ada aksen berwarna hitam yang mengelilingi bagian sekitar lampu.

Di bagian bawah bumpernya, BMW M5 2021 ini memiliki desain bumper yang dibuat jauh lebih agresif. Terlebih jika melihat di bagian diffuser yang dipadukan dengan warna hitam. Serta di bagian belakang penggunaan knalpot berjumlah 4 buah ini juga semakin memantapkan suara mesin yang dihasilkan dari mesin V8 tersebut.

Interior BMW M5

Yang cukup menarik dari BMW M5 ini adalah desain interiornya. Interiornya benar-benar menggambarkan sebuah mobil yang kaya akan fitur dan teknologi terkini. Jika dilihat sepintas interiornya terlihat seperti sedan seri 5 yang lainnya.

Perbedaannya ada di beberapa bagian seperti jok, setir, aksen dasbor, tuas transmisi dan pedal. Signature BMW M5 juga punya desain pola yang berbeda dibanding varian seri 5 lainnya. Dan yang terpenting terdapat logo M5 di bagian jok dekat headrest.

Performa Mesin BMW M5

mesing BMW M5 (F90)

Ini yang cukup menarik untuk dibahas. Dapur pacu yang bersemayam di balik kap mesin memakai kapasitas 4.400 cc, V8, twin turbo bertenaga 600 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 750 Nm @2.000 rpm. Transmisinya memakai model otomatis dengan 8 percepatan steptronic berpenggerak all wheel drive.

Spesifikasi MesinKeterangan
Tipe4.400 cc, V8, twin turbo
Tenaga maksimal600 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 750 Nm @2.000 rpm
Transmisi8 percepatan steptronic (AWD)
0-100 km/jam3,4 detik (M5), 3,3 detik (M5 Competition)

Dari spesifikasi mesinnya saja sudah terbayang kan tentang performanya. Akselerasi 0-100 km/jam bisa diraih hanya dalam waktu 3,4 detik untuk M5 standar, dan 3,3 detik di M5 Competition. Top speed keduanya berada di 305 km/jam. Wuih, kencang banget!

Fitur Canggih

Untuk menyesuaikan diri dengan monster buas ini tak perlu takut. Sebab BMW memberikan ‘alat penjinak’ berupa fitur keamanan dan keselamatan yang sangat baik. Sehingga setiap orang yang berusaha menjinakannya bisa merasa lebih aman.

Salah satunya adalah tombol setup yang ada di dekat transmisi. Tombol ini membuat pengemudi bisa memilih berbagai opsi seperti setting mesin, suspensi, steering, rem, kontrol traksi hingga penggerak all wheel drivenya. Semuanya bisa disetel menyesuaikan kebutuhan berkendara saat itu juga.

Mode berkendara juga tersedia dalam 3 pilihan. Mulai dari Road yang nyaman dan Sport yang siap memuaskan adrenalin saat dipacu kencang di jalan raya. Dan yang terakhir adalah Track mode yang bisa membuat monster ini berkeliaran di atas lintasan sirkuit.

Jika memiliki BMW M5, rasanya Anda tak perlu takut lagi untuk membawanya kemanapun. Mau diajak ke mall, pasti banyak mata yang akan melihat Anda dari berbagai penjuru arah mata angin. Artinya, mobil ini sangat punya penampilan yang mampu menggoda siapapun untuk menoleh.

Mau diajak sedikit ngebut juga tak ada masalah, sebab tak butuh banyak tenaga untuk mencapai kecepatan tinggi. Ibaratnya baru menginjak sedikit pedal gasnya saja sudah bisa melesat hingga lebih dari 150 km/jam.

Bagi pecinta track day, cukup menyiapkan mental dan kemampuan saja. Sebab menaklukkan BMW M5 di atas lintasan sirkuit bukanlah perkara mudah. Butuh kemampuan tinggi untuk bisa menjinakkan monster bertenaga besar ini. Terlebih jika kontrol traksi dimatikan, cukup sulit bisa mengimbangi handling mobil bertenaga buas ini.

Fitur Lain

BMW M5 juga dibekali fitur lain yang canggih seperti adaptive cruise control. Di bagian tengah bumper jika dilihat ada pattern jaring-jaring (mesh) yang dilengkapi sensor untuk Active Cruise Control System. Sementara itu, dua diantaranya berada di bagian sisi bumper, yang juga berfungsi sebagai pendingin mesin dan sistem pengereman.

Fitur ini mampu membuat mobil bisa mengikuti kecepatan mobil di depan secara otomatis. Jika mobil di depan pelan, maka mobil akan otomatis menurunkan kecepatan. Jika mobil di depan mulai kencang, maka mobil juga akan langsung mengikuti kecepatan mobil yang ada di depannya.

Fitur ini merupakan fitur kekinian yang baru digandrungi di Indonesia. Sebut saja Honda Accord, Honda CR-V dan Wuling Almaz RS yang baru menggunakan fitur tersebut. Padahal sebenarnya fitur ini sudah ada cukup lama di dunia, hanya saja mobil yang memakai fitur ini bisa dipastikan memiliki banderol cukup tinggi.

Nah, itu tadi merupakan review tentang BMW M5 2021. Kira-kira kalau Anda punya uang banyak mau membeli sedan 4 pintu yang satu ini enggak ya?

VarianHargaBeli
M5Rp 2.040.000.000,-
M5 CompetitionRp 2.192.000.000,-