BMW seri 3 merupakan sedan entry level yang ada di keluarga BMW. Walaupun entry level, bukan berarti kualitas yang ditawarkan bisa disepelekan begitu saja. Seri 3 juga selalu menjadi idaman bagi pria mapan di berbagai belahan dunia. Saking banyak orang mengidamkan mobil ini, hingga generasi lamanya pun seri 3 tetap digandrungi.

Tak heran jika seri ini dilabeli ‘The Legend’ oleh BMW. Ada satu hal baru yang ditawarkan BMW pada konsumen. Yakni sebuah gaya bahasa desain baru yang sengaja ditanamkan oleh BMW.

banner bmw cartalog
Table of Content
Kode Bodi
Dimensi
Eksterior
Interior
Mesin

Kode Bodi BMW Seri 3

eksterior BMW seri 3
eksterior BMW seri 3

Mobil Eropa seperti BMW biasanya lebih dikenal dengan sebutan kode bodi. Kode bodi ini tujuannya agar konsumen lebih mudah mengidentifikasi jenis mobil. Di generasi terbaru BMW seri 3 ini, kode bodinya memakai G20.

Kode bodi G20 ini sebenarnya sudah dikenalkan oleh BMW sejak tahun 2018 silam. Sedan mewah asal Jerman generasi seri3 terbaru ini pertama kali diluncurkan di ajang Paris Motor Show 2018. Generasi ketujuh dari seri 3 ini punya desain yang jauh lebih sporty dan elegan dibanding F30 yang menjadi generasi sebelumnya.

Dimensi BMW Seri 3

Secara dimensi, ukurannya memang terlihat cukup panjang jika dilihat kasat mata. Padahal sebenarnya mobil ini punya panjang 4,7 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi yang mencapai 1,4 meter.

dimensi BMW seri 3
dimensi BMW seri 3

Wheelbasenya sendiri mencapai 2,8 meter. Buat kamu yang ingin membeli, sebaiknya pastikan jika garasi rumah kamu cukup besar untuk bisa memarkirkan mobil ini. Sebab panjang mobilnya lumayan cukup merepotkan bagi mereka yang tidak terbiasa membawa sedan berdimensi panjang.

BACA JUGA ARTIKEL BMW LAINNYA:

  1. BMW X4: Review, Spesifikasi, Harga
  2. Review BMW M5 (F90)
  3. Review BMW Seri 3 2021, Sedan Stylish Idaman Pria Mapan
  4. Spesifikasi BMW X1 2021 dan Harga Terkini
  5. Harga Lengkap BMW X2 2021 dan Reviewnya
  6. BMW 520i M Sport Edition 75: Review, Spesifikasi, Harga
  7. Review BMW 320i: Harga, Eksterior, Interior, Mesin
  8. Baru Diluncurkan, Segini Harga SUV BMW X Terbaru 2021
  9. BMW Bestindo Bintaro 2021 Special Offer: Tukar Tambah Hingga Buyback Guarantee
  10. Ini Alasan yang Bikin BMW 320i Touring M Sport Istimewa
  11. Harga Sedan Mewah BMW M5 Edition 35 Years

Eksterior

eksterior BMW seri 3
eksterior BMW seri 3

Jika dilihat, eksterior BMW G20 ini punya tampilan yang sangat keren. Di sekujur tubuhnya banyak terdapat lekukan bodi yang menegaskan kesan sporty dan dinamis. Pasalnya, hal tersebut bukanlah isapan jempol belaka.

Lihat saja di sisi depan, samping dan area belakang dari sedan yang satu ini.
Jujur, baik pria maupun wanita jika melihat mobil ini pasti setuju jika menyebut sedan satu ini punya desain yang sangat keren. Di bagian depan terdapat kidney gril besar yang menjadi ciri khas BMW generasi terbaru. Lampu utama dibuat melancip dengan lekuk tajam di bagian bawah.

Bumpernya juga terdapat lekukan tajam yang seakan-akan memberikan info jika ini adalah sebuah mobil yang buas. Tak lupa fog lamp di sisi kanan dan kiri bawah bumper tersedia untuk membantu penerangan di malam hari. Seluruh lampu serta fog lamp di mobil ini sudah memakai LED.

Di bagian kap mesin terdapat lekukan yang menegaskan kesan sedan kencang. Bahkan lekukan tersebut masih dapat dilihat di bagian samping. Ada 3 tarikan garis di sisi samping, di bagian bawah kaca, bagian tengah dan bagian bawah di dekat side skirt.

Di sisi samping, pelek yang digunakan memakai ukuran 16 inci yang dibalut ban ukuran 205/60. Bahkan ban yang diberikan BMW sudah memakai klasifikasi W yang artinya mampu digunakan untuk kecepatan di atas 200 km/jam.

Di bagian belakang, desain bumper juga tak kalah keren. Lekuk tajam juga masih bisa ditemui di sisi kiri dan kanan bawah yang terlihat seperti garis 90 derajat. Lampu belakang di desain menyambung antara bagian kap mesin dan bodi.

Terakhir adalah aksen bagian bagasi yang dibuat sedikit menanjak ke atas. Jika dilihat, sepintas desain ini terlihat menyerupai seperti ducktail. Ini menjadi salah satu bagian yang paling disukai bagi mereka yang membeli BMW seri 2 di tahun 2021 ini.

Interior

interior BMW seri 3
interior BMW seri 3

Mobil yang dijual seharga mulai dari Rp976 jutaan ini tentu dibekali interior yang sangat mewah. Di bagian tengah terdapat head unit model floating yang terbagi menjadi dua. Di sebelah sisi kiri terdapat layar 10,25 inci lalu di sebelah kanan terdapat layar 12,3 inci.

Sumber : YOUCAR (https://www.youtube.com/user/YouCarPress)

Head unit ini dibekali dengan perangkat operasi sistem 7.0 yang bisa dioperasikan lewat iDrive. Kerennya lagi, head unit ini juga bisa diakses melalui BMW Gesture control. Pengguna hanya perlu menggerakkan tangan di depan head unit untuk memilih opsi.

Jika sedang parkir, layar di sebelah kanan akan menampilkan gambar kamera mundur. Sedangkan layar di sebelah kiri menampilkan gambar posisi mobil yang berbentuk 3 dimensi. Gimana, keren kan fiturnya?

jok belakang
jok belakang BMW seri 3

BMW juga menambahkan ambient light, sound system Harmann Kardon, bagasi ekstra besar dan sport seat di bagian depan. Bagi pecinta kecepatan, rasanya tak salah jika mereka mengincar BMW seri 3 terbaru ini. Diajak harian keren banget, tetapi diajak ke sirkuit pun juga tidak memalukan.

Mesin

Ada 2 varian yang ditawarkan, yakni 320i dan 330i. Keduanya dibekali mesin yang cukup memompa adrenalin berdenyut kencang saat sedang diajak melahap aspal. Untuk tipe 320i kapasitas mesinnya 1.998 cc, 4 silinder bertenaga 184 hp @5.000 rpm dengan torsi maksimal 300 Nm @1.350 rpm.

VarianMesin & TransmisiMaks Speed
320i (chat kami untuk info harga) Tiptronic, 1.998 cc, 4 silinder, 184 hp @5.000 rpm, torsi maksimal 300 Nm @1.350 rpm235 km/jam
330i (chat kami untuk info harga) Tiptronic, 1.998 cc, 4 silinder, 258 hp @5.000 rpm, torsi maksimal 400 Nm @1.550 rpm235 km/jam

Sedangkan untuk 330i mesinnya memakai kapasitas yang sama yaitu 1.998 cc, 4 silinder. Hanya saja lonjakan tenaganya mencapai 258 hp @5.000 rpm dengan torsi maksimalnya di angka 400 Nm @1.550 rpm.

Keduanya dibekali dengan transmisi otomatis model tiptronic. Walaupun mesinnya sama, tetapi kompresi mesin 320i lebih tinggi dibanding 330i. Mesin 320i memiliki kompresi di angka 11,2 sedangkan 330i memiliki kompresi 10,2. Artinya, kedua mobil ini sangat disarankan menenggak bahan bakar yang berkualitas sangat baik dengan oktan tinggi.

Kecepatan maksimal yang bisa diraih oleh kedua mobil ini juga sangat baik. Baik 320i maupun 330i sama-sama bisa melesat hingga kecepatan lebih dari 235 km/jam menurut klaim yang diberikan oleh BMW.

Bagi pecinta kecepatan, BMW seri 3 dengan kode G20 ini rasanya sangat cocok untuk dijadikan mobil harian. Namun sayangnya bagi sebagian orang, harga barunya dinilai cukup mahal. Tetapi, harga yang mahal tersebut kami kira cukup sepadan mengingat kayanya fitur dan performa mesin yang bisa dihasilkan oleh sedan berkapasitas 5 orang penumpang tersebut.

Memang ada benarnya peribahasa tentang imej BMW. Biasa hanya orang mapan yang suka kecepatan yang lebih memilih BMW. Kira-kira perkataan tersebut cocok disematkan kepada BMW seri 3 dengan kode bodi G20 ini enggak ya? Sampaikan di kolom komentar!