Mobil Toyota RUSH 2021 menjadi mobil yang cocok untuk Anda, terutama yang ingin berkendara dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan keamanan. Mobil dengan jenis SUV ini cocok untuk berbagai medan dan memiliki fitur tambahan yang lengkap. Apabila Anda tertarik untuk membelinya di waktu dekat, berikut informasi yang sebaiknya Anda ketahui. 

Penjelasan Lengkap Spesifikasi Toyota Rush 2021 

Sudah Mendapatkan Relaksasi PPNBM

Masa pandemi ketika ekonomi tidak stabil membuat semua orang enggan untuk membelanjakan harta yang ia miliki. Inilah kenapa pemerintah membuka program relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPNBMM. Dengan program tersebut, Anda bisa membeli mobil tanpa perlu membayar PPNBM. 

Seperti yang diketahui, PPNBM 0 persen hanya diberikan kepada mobil dengan kapasitas penumpang 4 x 2, dengan pilihan kubikasi mesin tidak lebih dari 1.500 cc. mobil Toyota Rush menjadi mobil yang memenuhi spesifikasi tersebut, sehingga ia bisa Anda dapatkan tanpa membayar pajak dalam jumlah besar. 

Baca Juga : Kekurangan Daihatsu Rocky, Pahami Pertimbangan Penting Ini Sebelum Membeli

Tidak hanya itu, Toyota Rush juga masuk dalam golongan Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri mencapai 70 persen. Tidak hanya memberikan tampilan yang gagah, ia juga menjadi mobil dengan gaya modern yang bisa membuat Anda mendukung industri lokal dengan baik. 

Spesifikasi Mobil Toyota Rush 2021

Rush dibekali dengan mesin 2 NR VE 4, yang merupakan mesin kekinian dengan teknologi siliner dual VVT-i. Kapasitas yang dimiliki mesin ini tidak main-main, yakni 1,496 cc, sehingga menjadi kendaraan yang tidak hanya nyaman dikendarai namun juga memiliki performa yang baik. 

Terdapat dua pilihan tipe yang bisa Anda gunakan, yakni tipe G dan tipe TRD Sportivo, keduanya bisa Anda sesuaikan dengan gaya berkendara yang Anda miliki. Sistem yang dimiliki juga bisa dipilih langsung oleh pengguna, yakni sistem mesin otomatis dan sistem mesin manual. 

Mesin pada mobil Toyota RUSH 2021 tidak mengeluarkan suara disini, inilah kenapa unit ini cocok untuk Anda yang ingin berkendara dengan tenang. Getaran mobil ketika digunakan untuk berkendara juga tidak terasa, membuat pengemudi maupun penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. 

Dari segi tenaga mesin, ia sudah mencapai 104 PS, dengan maksimal kecepatan 6 ribu RPM. Torsi maksimum yang bisa Anda gunakan adalah 13,9 kgm per 4.200 rpm yang dijalankan. Kapasitas tangki yang dimiliki oleh mobil ini juga tidak kalah mumpuni, ia bisa menyimpan bahan bakar hingga 45 liter. Selain dapat menampung bahan bakar dalam jumlah besar, ia juga hemat. 

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush 2021

Sebelum Anda membelinya, mungkin Anda bimbang apakah mobil ini memang tepat untuk dibeli. Agar memudahkan, berikut adalah kelebihan dan kekurangan pada mobil Toyota Rush, kelebihan dan kekurangannya antara lain:

KelebihanKekurangan
– Memberikan fitur keselamatan yang lengkap di berbagai segmen, sehingga cocok sebagai mobil keluarga.– Untuk bagian kulit Toyota Rush, kurang lebih masih menggunakan desain yang lama. Perombakan hanya dilakukan pada bagian sistem penggerak dan desainnya. 
– Fitur standar yang dimiliki membuat penumpang dan pengendara bisa berkendara dengan nyaman. – Toyota Rush 2021 juga masih menggunakan transmisi konvensional, untuk Anda yang kurang terbiasa harus menyesuaikan diri. 
– Dari sisi suspensi telah dibenahi oleh pabrikannya, membuatnya lebih tahan banting, sebab suspensi yang digunakan sangat keras.– Material yang terdapat di dasbor dan jok masih terkesan biasa, beruntungnya untuk model TRD Sportivo diberikan aksen soft touch yang membuatnya lebih sporty. 
– VSC pada bagian mobil juga membuat kendaraan ini tidak mudah melintir selama digunakan. – Dulunya SUV Toyota Rush memiliki kelebihan tampilan yang tangguh, namun di seri Rush 2021 ini tampilannya terlihat lebih lembut.
– Menggunakan mesin 2NR VE yang memiliki rasio kompresi besar untuk kelasnya. Unit mesin tersebut juga lebih irit dibandingkan dengan 3 SZ VE yang sebelumnya digunakan untuk generasi Toyota Rush awal.– Body roll lebih besar akan Anda temukan, sebab titik gravitasi tinggi menyumbang besar pada bagian tersebut. 
– Menggunakan sistem pengereman yang baik, dengan memanfaatkan ABS dan EDB. Dibantu dengan VSC HAS, pengereman dapat dilakukan dengan maksimal dan membuat mobil dapat melaju dengan baik di jalur yang telah digunakan.– Rem belakang pada mobil yang satu ini masih merupakan tromol, meski ia berfungsi dengan baik, namun banyak orang yang meremehkan kemampuannya. 

Harga dari Toyota Rush 2021

Untuk harga mobil Toyota RUSH 2021 bisa didapatkan dengan budget sekitar 200 juta-an. Berikut adalah rincian harga masing-masing dari unit Rush 2021, diantaranya:

Model RushHarga
Toyota Rush GMTRp 249,6 juta
Toyota Rush GATRp 259,2 juta
Toyota Rush TRD Sportivo MTRp 260,8 juta
Toyota Rush TRD Sportivo ATRp 270 juta
  1. Toyota Rush GMT, bisa Anda dapatkan dengan harga 249,6 juta rupiah, sudah termasuk diskon PPNBM. Spesifikasi yang akan Anda dapatkan dari mobil ini adalah 7 kursi dengan kemampuan 1496 cc. 
  2. Toyota Rush GAT, bisa Anda dapatkan dengan harga 259,2 juta rupiah dan sudah termasuk diskon yang diberikan oleh PPNBM. Sama seperti seri GMT, seri GAT juga memiliki 7 buah kursi dengan 1496 cc untuk kemampuan mesinnya. 
  3. Toyota Rush TRD Sportivo MT, merupakan jenis selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dengan harga 260,8 juta rupiah. Harga tersebut memang tinggi, namun sebanding dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Mobil ini masih menggunakan bensin sebagai bahan bakar dengan kapasitas mesin 1496 cc. 
  4. Toyota Rush TRD Sportivo AT, adalah jenis terakhir dari mobil Toyota Rush 2021. Harga yang ditawarkan untuk mobil ini adalah 270 juta rupiah dan sudah termasuk dalam diskon PPNBM dari pemerintah. Sama seperti model sebelumnya, kapasitas mesin yang dimiliki sebesar 1496 cc. 

Servis dan Spare Part

Terkait dengan servis serta spare part, Anda tidak perlu gigit jari, sebab spare part untuk mobil ini bisa Anda temukan dengan mudah. Bahkan beberapa spare partnya bisa Anda subtitusi dari spare part mobil Toyota yang lain. Rata-rata biaya servis Toyota Rush untuk 5.6 tahun tahun sebesar Rp 9,16 juta (info dari oto.com)

Demikianlah informasi terkait dengan mobil Toyota RUSH 2021. Semoga informasi tersebut tidak hanya menambah pengetahuan Anda, namun juga menjadi pertimbangan yang baik untuk membeli mobil ini ke depannya.