Banyak masyarakat pasti sudah tahu bahwa bandar udara (bandara) di Indonesia telah menyediakan lahan parkir untuk mobil maupun motor. Terlebih, saat ini juga banyak yang sudah memfasilitasi parkir inap untuk kedua kendaraan tersebut. Salah satunya Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta atau kerap disingkat SHIA.

Parkir Bandara Soetta
Parkir Bandara Soetta

Bandara yang terletak di Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten tersebut merupakan sebuah bandar udara utama yang melayani penerbangan untuk Jakarta, Indonesia. Bandar udara ini diberi julukan sesuai dengan nama dwitunggal tokoh proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang juga merupakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama.

Baca Juga : Ketahui Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru di Tahun 2021

Nama populer dalam masyarakat adalah Bandara Cengkareng dikarenakan berdekatan dengan wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, meskipun secara geografis berada di Kecamatan Benda, Kota Tangerang.

Parkir Bandara Soetta
Parkir Bandara Soetta

Balik ke soal parkir inap, tahukah kamu berapa tarif parkir bermalam di Bandara Soekarno-Hatta? Pasti banyak yang penasaran nih. Parkir Bandara adalah salah satu fasilitas untuk pengguna jasa parkir kendaraan di Bandara Soekarno Hatta. Parkir Bandara terdiri dari dua kategori, yakni Parkir Kendaraan Harian (Daily Parking) dan Parkir Kendaraan Inap (Overnight Parking).

Bagi penumpang pesawat yang ingin menginapkan kendaraan miliknya, bisa memanfaatkan parkir inap di Bandara Internasional Soekarno–Hatta. Parkir inap ini sejatinya memang disediakan untuk mereka yang membutuhkan tempat untuk menitip kendaraan dalam waktu cukup lama.

Dilansir dari situs resmi soekarnohatta-airport, pihak bandara sudah menyediakan berbagai fasilitas lengkap dan memadai untuk kendaraan yang menginap, khususnya kendaraan roda empat. Salah satunya yaitu, terdapat kanopi untuk melindungi kendaraan saat cuaca hujan ataupun panas.

Selain itu, terdapat juga layanan shuttle untuk mengantar pemilik kendaraan ke terminal bandara yang dituju, seperti terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. Nah, bagi yang ingin menitipkan kendaraannya di parkir inap bandara, sebaiknya ketahui dulu lokasi parkir tersebut. Jangan sampai menginapkan kendaraan di tempat parkir harian yang dikenai tarif mahal. Bahkan, bisa berujung mencapai jutaan rupiah.

Tarif Parkir Inap Tahun 2021 untuk Terminal 1, 2 dan Gedung 601 Angkasa Pura II

Berikut adalah lokasi serta tarif parkir inap tahun 2021 untuk kendaraan roda empat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikelola secara langsung oleh Angkasa Pura II.

Table of Content
Terminal 1
Terminal 2
Gedung 601 Angkasa Pura II

Tarif yang tertera untuk Daily Parking dan Overnight Parking.

Daily Parking (Parkir Harian)Titik MuatOperasional
Rp. 30.000 untuk 4 jam pertamaTerminal 1, Terminal 2, Terminal 324 jam
Rp. 6.000 untuk tiap jam berikutnyaTerminal 1, Terminal 2, Terminal 324 jam

Terminal 1

Lokasi pertama ialah terminal 1, tepatnya di parkir 1B, di depan Stasiun Skytrain 1B.

Overnight Parking (Parkir Inap)Operasional
Rp. 30.000 untuk 4 jam pertama24 jam
Rp. 6.000 untuk tiap jam berikutnya24 jam

Terminal 2

Lokasi kedua ialah terminal 2 yang tepatnya di parkir 2E, di depan Stasiun Skytrain 2E.

Overnight Parking (Parkir Inap)Operasional
Rp. 30.000 untuk 4 jam pertama24 jam
Rp. 6.000 untuk tiap jam berikutnya24 jam

Gedung 601 Angkasa Pura II

Lokasi ketiga yaitu Gedung 601 Angkasa Pura II, letaknya di depan Gedung 601 Angkasa Pura II, serta di dekat stasiun kereta Bandara Railink.

TarifOperasional
per jam untuk 4 (empat) jam pertama : Rp5 ribu24 jam
10 jam s.d 15 jam : Rp55 ribu24 jam
15 jam s.d 24 jam : Rp80 ribu24 jam
Hari kedua dan seterusnya : Rp60 ribu24 jam

Perlu diketahui, bahwa tempat parkir inap di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini diklaim terjamin keamanannya. Namun lokasi tempat parkir inap kerap dekat dengan tempat parkir harian, sehingga pengguna ataupun pemilik mobil harus berhati-hati dan memperhatikan papan lokasi tempat parkir di bandara tersebut.

Selain itu, lokasi tempat parkir inap 1 dan 2 yang berada di depan gedung 601 Angkasa Pura II serta dekat stasiun kereta Bandara Railink agak jauh dari terminal. Oleh karena itu, pihak bandara menyediakan shuttle secara gratis yang bisa digunakan, dengan syarat hanya perlu menunjukkan tiket parkir inap pada petugas shuttle, lalu meminta shuttle untuk mengantarkan ke terminal tujuan.

Sebagai informasi, pengemudi shuttle tidak diizinkan untuk menerima tip atau bayaran dalam bentuk apapun dari penumpang. Jika ingin kembali ke mobil di parkir inap bandara, penumpang bisa menghubungi nomor yang sudah diberikan oleh petugas parkir inap agar bisa menjemput di terminal.

Penjelasan di atas adalah untuk parkir inap kendaraan roda empat. Lalu, bagaimana untuk parkir inap kendaraan roda dua di Bandara Internasional Soekarno-Hatta?

Bandara Soekarna-Hatta pastinya juga menyediakan tempat parkir inap untuk kendaraan roda dua. Sama seperti roda empat, tempat parkir inap motor berada di Terminal 1, Terminal 2, dan ada di Terminal 3. Untuk tarifnya, dikenai biaya Rp5 ribu per jam. Namun jika ingin menginapkan motornya seharian, harus menyiapkan bujet sebesar Rp120 ribu.

Lantas, bagaimana untuk tarif parkir hariannya? Lokasi untuk parkir harian di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terdapat di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3. Untuk tarif parkir harian mobil Rp5 ribu per jam untuk 4 (empat) jam pertama, dan berikutnya dikenai Rp10 ribu per jam.

Selain tarif untuk kendaraan roda empat dan roda dua, Bandara Soekarno-Hatta juga mengenakan tarif parkir untuk Bus Golongan I, yakni Roda 4-6 dengan biaya Rp12 ribu per 1 (satu) jam, dan Rp6 ribu per jam untuk waktu berikutnya. Sedangkan untuk Bus Golongan I Roda >6 dikenakan tarif Rp17 ribu per 1 (satu) jam, dan Rp6 ribu per jam untuk waktu berikutnya.

Lanjut ke pembahasan yang terakhir, mengenai cara pembayaran parkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta baik yang parkir harian maupun parkir inap.

Berdasarkan penelusuran tim kami, sejak tahun 2017 pembayaran parkir di Bandara Soekarno-Hatta sudah memberlakukan pembayaran parkir non-tunai. Aturan ini awalnya masih bersifat uji coba, sebagai pilihan untuk memberi kemudahan bagi pengunjung Bandara. Namun belakangan sudah mulai digunakan secara tetap.

Penggunaan pembayaran dengan kartu elektronik dalam setiap penyetoran parkir, dapat dilakukan dengan e-Payment milik bank BUMN dan swasta. Seperti e-money milik Bank Mandiri, Brizzi milik Bank BRI dan Tap Cash milik BNI serta Flazz kepunyaan BCA.

Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan OVO Points untuk bayar parkir di Bandara Soekarno Hatta. OVO Points hanya dapat digunakan apabila jumlah points yang dimiliki cukup dengan biaya yang ditagihkan. Namun, bila OVO Points kamu tidak cukup, pembayaran dengan OVO Points tidak dapat digabungkan dengan metode pembayaran lainnya.